visitaaponce.com

Shin Tae-yong Izinkan Persija Lepas Pemainnya Bertahap ke TC Kualifikasi Piala Asia

Shin Tae-yong Izinkan Persija Lepas Pemainnya Bertahap ke TC Kualifikasi Piala Asia
Pesepak bola Persija Jakarta Hanno Behrens (kiri) berselebrasi bersama rekan setimnya(ANTARA FOTO/Fakhri H)

PERSIJA Jakarta menyambut baik pemanggilan 10 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 25 Agustus-6 September 2022. Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran itu akan mengirim pemainnya bertahap karena masih dibutuhkan di Liga 1 2022-2023.

Lima pemain dari tim akademi yaitu Agi Firmansyah, Achmad Maulana Syarif, Dia Syayid Alhawari, Rayhan Utina dan Teuku Razza Fachrezi akan bergabung ke pemusatan latihan sesuai jadwal.

Sementara lima pemain lainnnya tidak langsung bergabung ke Tim U-19 Indonesia karena masih memperkuat skuad utama untuk Liga 1. Mereka adalah Cahya Supriyadi, Alfriyanto Nico Saputro, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu dan Muhammad Ferarri yang dibutuhkan perannya dalam tim.

Mereka akan bergabung dalam pemusatan latihan pada 12 September 2022 atau setelah laga melawan Barito Putera (11/8). PSSI dan pelatih Shin Tae-yong telah memberikan izin kepada Persija untuk melepas pemain dalam dua gelombang.

Pelatih Persija Thomas Doll memastikan kelima nama itu bakal lebih dimatangkan lagi dalam skuadnya. Kesempatan main di Liga 1 salah satu bentuk proses pematangan mereka. Jadi, saat mereka tiba di timnas memiliki performa yang sama baiknya dengan nama-nama yang sudah mengikuti pemusatan latihan lebih dulu.

“Kami sangat senang dan kami bisa lihat perkembangan pemain muda beberapa pekan terakhir, seperti Ferrari bermain di level bagus, serta Ginanjar dan Frengky di starting eleven. Kiper kedua kami pun bertalenta besar (Cahya). Kami punya banyak pemain berbakat. Nico pun bagus walau bergabung sedikit telat karena dia menjalani kegiatan (bersama timnas) selama lebih dari dua bulan. Tapi kami sangat bahagia kami miliki mereka di tim. Kami memberikan mereka kesempatan bermain,” kata Thomas Doll dilansir laman resmi klub.

Baca juga: Piala Asia U-20, Shin Tae-yong Panggil 36 Pemain

Sementara itu Wakil Presiden Persija Ganesha Putera memastikan komitmen Persija dalam mendukung agenda timnas.

“Saat pemusatan latihan masih berlangsung lama seperti ini pemain itu kami akan matangkan di klub. Kami punya pelatih yang baik dan berkomitmen dalam mengembangkan pemain-pemain muda. Mereka akan bermain di level kompetitif dan semoga saat mereka datang ke timnas dalam kondisi lebih dari siap. Kami berharap mereka bisa membantu tim nasional meraih hasil terbaik,” ungkap Ganesha.

Persija menjadi tim penyumbang pemain terbanyak dengan 10 pemain, disusul Persebaya empat pemain, lalu Bhayangkara FC, Persib, dan PSM dengan masing-masing tiga pemain.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar pada 14-18 September tahun ini. Indonesia berada dalam Grup F bersama Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam. Semua pertandingan Grup F digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada 14 September, kemudian Hong Kong dua hari kemudian dan Vietnam pada 18 September. Total 44 negara mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 yang dibagi ke dalam 10 grup. Juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 tahun depan bersama tuan rumah Uzbekistan. (OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat