visitaaponce.com

Indonesia Satu Grup dengan Thailand di Piala AFF 2022

Indonesia Satu Grup dengan Thailand di Piala AFF 2022
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong(ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

INDONESIA akan menghuni Grup A pada ajang Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand. Hasil itu berdasarkan undian yang dilakukan AFF di Bangkok, Thailand, Selasa (30/8). Pelatih Shin Tae-yong optimistis dengan target juara dan menyebut hasil undian itu cukup baik untuk timnas Indonesia.

"Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," kata Shin Tae-yong.

Selain akan menghadapi Thailand, skuad Garuda pada fase grup juga akan melawan Filipina, Kamboja, dan satu tim lagi pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Shin Tae-yong mengaku awalnya bingung Indonesia berada di pot ketiga pada undian. Namun, dipahami penempatan pot berdasarkan penilaian dari dua edisi AFF sebelumnya.

Ia juga tak masalah sistem Piala AFF kali ini di babak penyisihan berubah menjadi dua laga kandang dan dua laga tandang. Shin Tae-yong menilai Thailand sebagai juara bertahan merupakan lawan terberat di Grup A.

Pada final edisi terakhir, Indonesia menjadi runner up setelah menyerah dengan agregat 2-6 dari tim Gajah Perang itu.

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca juga: Jersey Ketiga Timnas Usung Semangat Negeri Bahari

Soal pemain, Shin Tae-yong mengatakan akan memilih nama-nama dengan kondisi terbaik. Dia juga berharap proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattiname bisa cepat rampung dan segera bergabung dengan timnas.

"Saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi. Apalagi saat ini Sandy Walsh, Jordy Amat, dan Shayne Pattiname masih proses naturalisasi. Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama timnas," ucapnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yakin timnas Indonesia siap menghadapi Piala AFF. Dia berharap timnas tak meremehkan kekuatan negara-negara lain yang di Grup A dan bisa menebus kegagalan di final AFF 2020 lalu.

"Saya berharap pelatih Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik yang ada dikompetisi Liga 1 dan kompetisi yang ada di luar negeri. Ajang Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023 mendatang," ucap Iriawan.

Piala AFF 2022 direncanakan akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat