visitaaponce.com

Kapan Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Dimainkan

Kapan Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Dimainkan?
Sandy Walsh (kiri) dan Jordi Amat(PSSI)

PERMOHONAN naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah disetujui oleh DPR RI yang disampaikan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, pada Selasa (20/9).

Namun, untuk mendapatkan waktu bermain secara resmi di timnas, para pemain harus melewati persyaratan yang ada. Hal ini diungkap langsung oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri di acara “Nunggu Sunset” bersama Media Indonesia, Kamis (22/9).

Indra Sjafri mengungkapkan untuk dinyatakan resmi dan dapat bermain di timnas, para pemain ini harus melewati proses yang ada baik secara hukum maupun konfederasi.

“Jadi, saya mesti tetap sampaikan, bahwa proses naturalisasi, perpindahan kewarganegaraan adalah domainnya UU No. 12 tahun 2006, berarti pemerintah yang memutuskan bisa atau tidak dia dinaturalisasi. Setelah dia dinaturalisasi kemudian dia diminta bermain sepak bola, PSSI berkewajiban untuk melakukan perpindahan federasi atau change dari para pemain tersebut,” kata mantan pelatih timnas Indonesia tersebut.

Indra mengaku, saat ini, dia tidak dapat mengonfirmasi kapan pastinya proses tersebut selesai dan para pemain dapat bermain untuk timnas. Mengingat, PSSI harus menunggu proses naturalisasi sesuai hukum.

“Jadi, setelah perpindahan kewarganegaraan, baru pindah asosiasi. Prosesnya sedang berlangsung, kapan siapnya, PSSI akan menunggu bagaimana proses kewarganegaraanya selesai, baru PSSI bisa melangkah ke tugasnya yaitu memindahkan asosiasinya. Kapan selesainya? itu tergantung FIFA,” ujar Indra.

Baca juga: Pengambilan Sumpah WNI Sandy Walsh dan Jordi Amat akan Dilakukan Secara Daring

Direktur Teknik PSSI itu berharap adanya tindakan naturalisasi pemain bisa diikuti dengan peningkatan prestasi yang didapatkan oleh timnas di bawah pelatih STY.

“Tentu saya sebagai direktur teknik meminta kepada coach STY, dengan masuknya pemain di luar yang ada, wajib harus bisa meningkatkan kualitas tim,” tukasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat