visitaaponce.com

Putellas Sukses Pertahankan Trofi Ballon dOr

Putellas Sukses Pertahankan Trofi Ballon d'Or
Gelandang Barcelona Alexia Putellas saat memenangkan Ballon d'Or(AFP/FRANCK FIFE)

PEMAIN timnas Spanyol Alexia Putellas memenangkan trofi Ballon d'Or putri untuk kedua kalinya secara beruntun saat dia menjadi pencetak gol terbanyak dan membawa Barcelona ke final Liga Champions.

Pesepak bola berusia 28 tahun itu mendapatkan persaingan ketat, terutama dari tiga bintang tinnas Inggris yang merupakan juara Piala Eropa.

Namun, Putellas dinyatakan sebagai pemenang setelah membawa Barcelona menjadi juara La Liga dan Copa del Rey.

Baca juga: Gavi Raih Trofi Kopa 

Trofi itu menjadi hadiah hiburan bagu Putellas yang tengah dibekap cedera. Cedera itu memastikan dia absen di Piala Eropa, Juli lalu, dan kemungkinan tidak akan bermain sama sekali pada musim ini.

"Saya sangat kecewa karena cedera namun senang bisa berada di sini," ujar Putellas.

"Untuk mempertahankan gelar adalah jal yang sulit. Ketika saya mengalami cedera lutut, saya menyangka peluang saya untuk menang sudah hilang. Namun, juri mengambil keputusan dari seluruh musim dan saya hanya absen selama satu bulan," lanjutnya.

Putellas mencetak 11 gol di Liga Champions pada musim lalu saat Barcelona, yang merupakan juar abertahan melaju ke babak final, namun kalah dari Lyon.

Ini merupakan kali keempat Ballon d'Or putri dibagikan dengan pemain Norwegia menjadi pemenang pertama pada 2018 disusul bintang Amerika Serikat (AS) Megan Rapinoe pada 2019.

Ballon d'Or tidak diadakan pada 2020 karena pandemi covid-19 dan Putellas menjadi juara untuk kali pertama pada 2021 setelah membawa Barcelona menjadi juara Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah klub itu.

Tahun ini, Putellas bersaing dengan Beth Mead, yang mencetak enam gol kala timnas Inggris menjadi juara Piala Eropa.

Reakn setim Mead, Luxy Bronze dan Millie Bright juga merupakan nominasi begitu juga dengan Hegerberg, yang membawa Lyon menjadi juara Liga Champions dengan mengalahkan Barcelona di laga final. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat