visitaaponce.com

Cisse Siapkan Senegal Beri Kejutan di Piala Dunia 2022

Cisse Siapkan Senegal Beri Kejutan di Piala Dunia 2022
Aliou Cisse, pelatih timnas Senegal mengangkat bendera negaranya saat menjuarai Piala Afrika 2021.(AFP)

Aliou Cisse akan menangani timnas Senegal dalam gelaran Piala Dunia 2022, setelah mengantar klub berjuluk Singa Teranga itu meraih juara Piala Afrika 2021. Kini Cisse ditantang untuk mengantarkan Senegal merebut trofi pertamanya di Piala Dunia.

Meski senegal dibekali dengan beberapa pemain top yang sudah berkiprah di benua Eropa seperti Kalidou Koulibaly (Chelsea) dan Sadio Mane (Bayern Munchen) serta mempunyai sumber daya menjanjikan, namun keberadaan Aliou Cisse sebagai nakhoda menjadi penting untuk perjalanan Senegal nantinya.

Dengan sepak terjangnya sebagai pemain profesional hingga sanggup mengantarkan negaranya menjadi kampiun Piala Afrika 2021, bukan tidak mungkin di bawah tangan dingin Cisse, Senegal bakal menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2022 nanti.

"Dia punya semuanya. Dia seorang pemimpin dan lebih seperti kakak bagi kami. Kami bisa membicarakan apapun dengannya dan itulah yang membuatnya spesial," ucap punggawa Senegal, Sadio Mane mengomentari gaya kepelatihan Cisse.

"Suasana yang baik di dalam kamp pelatihan tergantung padanya dan sulit untuk tidak ikut dan bermain dengan penuh kegembiraan. Hal lain yang saya soroti tentang pelatih kami adalah dia berhasil memiliki pandangan positif, apa pun situasinya," sambungnya

Cisse memiliki strategi favorit dalam menangani Timnas Singa Teranga. Pria asli Senegal itu kerap memakai formasi 4-3-3. Formasi tersebut dipilih lantaran Cisse menilai skuatnya memiliki pemain-pemain cepat. Terutama dengan adanya sosok leader dan bintang Sadio Mane.

Awal karier Cisse sebagai pelatih berawal pada 12 tahun lalu. Pensiun sebagai pesepak bola di tahun 2009, Cisse melanjutkan kariernya dalam dunia kepelatihan dan langsung menjadi asisten Amara Traore di klub Prancis Louhans-Cuiseaux FC pada 2010.

Tak butuh waktu lama, pada 2012 Cisse ditunjuk sebagai asisten pelatih Senegal, bersama Joseph Koto dan Alain Giresse. Pada Maret 2015, tepat setelah Alain Giresse tak lagi menjabat posisi pelatih, Cisse naik jabatan sebagai pelatih utama.

Awal karier pelatih berusia 46 tahun pada saat menukangi timnas Senegal tidak begitu mulus. Pada awal kepemimpinannya, Cisse sempat gagal membawa skuad Singa Teranga menjadi yang terbaik di Benua Afrika.

Pada Piala Afrika edisi 2017, Senegal di bawah asuhannya hanya mampu sampai babak perempat final setelah kalah dari Kamerun via adu penalti. Kemudian pada edisi 2019, Cisse berhasil bawa Senegal melaju hingga partai final. Namun sayang, skuad asuhan Cisse kalah 0-1 dari Aljazair pada partai puncak.

Berselang tiga tahun kemudian, Cisse membuktikan kapasitasnya. Memerlukan waktu tujuh tahun menangani Senegal, Cisse pun sukses dengan membawa Singa Teranga menjadi juara Piala Afrika 2021. (OL-13)

Baca Juga: Shakhtar Donetsk Minta Iran Dicoret dari Piala Dunia 2022

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat