visitaaponce.com

Paripurna DPR RI Setujui Shayne Pattynama Jadi WNI

Paripurna DPR RI Setujui Shayne Pattynama Jadi WNI
Rapat kerja di DPR RI membahas proses naturalisasi pemain sepak bola Shayne Pattynama(ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

RAPAT Paripurna DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi pemain sepak bola Shayne Elian Pattynama sebagai warga negara Indonesia (WNI), Kamis (17/11). Selangkah lagi, ia akan disumpah menjadi WNI di Kemenkum HAM.

"Sehubungan dengan itu kami memintakan persetujuan pada rapat paripurna hari ini apakah pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Shayne Ellian Jay Pattynama dapat disetujui?" kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat memimpin sidang di Gedung DPR RI, Kamis (17/11).

Anggota rapat yang hadir langsung menjawab 'setuju' secara bersama-sama. Dengan keputusan bulat tersebut, Puan mengetok palu sekali tanda naturalisasi Shayne diterima.

Proses naturalisasi Shayne kembali ke Sekretariat Negara. Selanjutnya Presiden Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres). Setelah keluar Keppres, nantinya Kementerian Hukum dan HAM akan mengundang pemain bersangkutan untuk menghadiri pengambilan sumpah menjadi WNI dan pemberian paspor.

Baca juga: Komisi X DPR Setujui Shayne Pattynama Jadi WNI

Sebelumnya, Sidang Paripurna DPR RI juga menyetujui naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. Kedua pemain itu dijadwalkan mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) hari ini, Kamis (17/11).

Kendati demikian, Shayne kemungkinan tidak masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF 2022. Pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 akan ditutup pada 20 November 2022 mendatang dan Shayne belum tentu sudah melakukan pengambilan sumpah WNI sampai waktu tersebut.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat