visitaaponce.com

Pemegang Rekor Gol Piala Dunia Just Fontaine Wafat

Pemegang Rekor Gol Piala Dunia Just Fontaine Wafat
Just Fontaine meninggal dunia dalam usia 89 tahun.(AFP/ERIC CABANIS)

LEGENDA sepak bola asal Prancis, Just Fontaine, Rabu (1/3) meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Fontaine merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu gelaran Piala Dunia dengan torehan 13 gol.
 
Rekor tersebut, yang akan sulit dipecahkan, dibuat Fontaine di Piala Dunia 1958 Swedia. Saat itu, Fontaine yang menjadi trio maut bersama Roger Piantoni dan Raymond Kopa, mampu membawa Prancis ke semifinal sebelum dikalahkan Brasil yang akhirnya menjadi juara.

Dalam karier sepak bolanya, Fontaine memenangkan empat gelar liga Prancis, satu dengan Nice dan tiga dengan tim hebat Reims di era pascaperang. Dia ikut memperkuat Reims saat kalah dari Real Madrid yang diperkuat Alfredo di Stefano, Ferenc Puskas dan Raymond Kopa di final Piala Eropa 1959. Fontaine pensiun pada 1962 saat masih berusia  28 tahun setelah dia menderita patah tulang kaki ganda.

Ia kemudian menjadi pelatih dan sempat menangani timnas Prancis pada 1967. Fontaine juga pernah menangani Paris Saint-Germain untuk promosi ke divisi teratas pada 1974 dan kemudian melatih Maroko yang dibawanya meraih posisi tiga di Piala Afrika 1980.

"Saya sedih mendengar kabar cmeninggalnya Just Fontaine. Begitu juga semua orang yang mencintai sepak bola dan tim nasional kami. Ia adalah legenda Prancis," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

"Monomen sepak bola Prancis telah pergi. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi semua orang yang mencintai Paris Saint-Germain, klub yang Fontaine pimpin masuk ke divisi utama Prancis, 50 tahun lalu," jelas PSG dalam pernyataannya. (AFP/OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat