visitaaponce.com

Top Skor Sepanjang Masa Timnas Italia, Gigi Riva, Meninggal Dunia

Top Skor Sepanjang Masa Timnas Italia, Gigi Riva, Meninggal Dunia
Gigi Riva (kiri) berbincang dengan Fabio Cannavaro dan Gianluigi Buffon (kanan).(AFP)

Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Italia, Gigi Riva, meninggal dunia pada Selasa (23/1) dini hari WIB, di usia 79 tahun. Kabar duka tersebut diumumkan oleh mantan klubnya Cagliari.  

Mantan pemain yang membawa Italia juara Euro 1968 itu sebelumnya dikabarkan telah sakit sejak akhir pekan lalu. Ia sempat dirawat di karena masalah jantung.

Saat masih menjadi pemain, Riva memela Cagliari selama 13 tahun yakni pada periode 1963-1978. Ia pun berhasil membawa klubnya menjadi juara pada musim 1969/70.

Baca juga: Gol Larut Lautaro Martinez Bawa Inter Milan Juarai Super Coppa Italia

Pada masa berseragam Cagliari, Riva juga pernah tiga kali menjadi top skor. Ia bahkan pernah menjadi runner-up penghargaan Ballon d'Or edisi 1969. Ia kalah dari pemain AC Milan sekaligus rekan senegaranya di, Gianni Rivera.

Bersama timnas Italia, Riva ia mencatatkan 42 penampilan dan mencetak 35 gol. Rekor itu belum terpecahkan hingga saat ini.

Baca juga: Qatar Tutup Babak Grup Piala Asia dengan Sempurna usai Kalahkan Tiongkok

Riva juga dianggap sebagai pahlawan di negaranya setelah mencetak gol di final Euro 1968 ketika mengalahkan Yugoslavia 2-0. Dua tahun kemudian, Riva mencetak tiga gol di Piala Dunia 1970. Italia mampu mencapai final, tetapi harus menelan kekalahan 4-1 oleh Brazil.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat