visitaaponce.com

Ada Penghormatan Khusus untuk Legenda Franz Beckenbauer di Pembukaan Piala Eropa 2024

Ada Penghormatan Khusus untuk Legenda Franz Beckenbauer di Pembukaan Piala Eropa 2024
Franz Beckenbauer saat tampil di Piala Dunia 1974.(AFP)

FEDERASI Sepak Bola Eropa (UEFA) akan memberikan penghormatan khusus untuk legenda Jerman Franz Beckenbauer pada upacara pembukaan Piala Eropa 2024 yang digelar di Fussball Arena (Allianz Arena), Munchen sebelum laga tuan tumah melawan Skotlandia, Sabtu (15/6) dini hari WIB.  

Beckenbauer meninggal dunia di usia 78 tahun pada 7 Januari 2024. Penghormatan itu sebagai bentuk penghargaan UEFA atas kontribusi besar Beckenbauer sebagai mantan kapten dan pelatih Jerman

"UEFA akan memberikan penghormatan kepada mendiang ikon sepak bola Jerman Franz Beckenbauer pada upacara pembukaan Piala Eropa 2024 menjelang pertandingan tuan rumah melawan Skotlandia," tulis UEFA dikutip dari laman resminya, Rabu (12/6).  

Baca juga : Teddy Bear Jadi Maskot Euro 2024, UEFA Buka Voting Nama

Nantinya, dua kapten Jerman pemenang Kejuaraan Eropa, Bernard Dietz (1980) dan Jurgen Klinsmann (1996) akan ditemani oleh istri Beckenbauer, Heidi. Mereka akan membawa Piala Henri Delaunay, trofi yang akan dipersembahkan kepada juara pada laga final nanti di Berlin, 14 Juli mendatang. 

Beckenbauer adalah kapten Jerman Barat pada Kejuaraan Eropa 1972. Pemain berjuluk Der Kaiser itu juga membawa kejayaan Jerman Barat pada Piala Dunia 1974 sebagai pemain di rumah sendiri.  Ia juga memimpin Jerman Barat ke Piala Dunia 1990 sebagai pelatih. 

Dia adalah bagian dari tim Bayern Muenchen yang memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut antara 1974 dan 1976,. Dia juga mengangkat lima gelar Bundesliga (empat sebagai pemain dan satu sebagai pelatih) dalam kariernya yang sangat cemerlang. Beckenbauer juga pernah menerima penghargaan Presiden UEFA pada 2013. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat