visitaaponce.com

Opening Ceremony Euro 2024 Momen Haru Penghormatan untuk Legenda Jerman Franz Beckenbauer

Opening Ceremony Euro 2024: Momen Haru Penghormatan untuk Legenda Jerman Franz Beckenbauer
Istri Franz Beckenbauer, Heidi bersama legenda Jerman lainnya, Bernard Dietz dan Jurgen Klinsmann membawa Piala Henri Delaunay.(X @euro2024)

EURO 2024 resmi dibuka pada Sabtu (15/6) dini hari WIB di Fussball Arena (Allianz Arena), Munchen sebelum laga tuan tumah melawan Skotlandia. 

Dalam acara opening ceremony yang meriah itu, ada momen penghormatan untuk legenda sepak bola Jerman  Franz Beckenbauer

Para penggemar bertepuk tangan saat video salah satu pemain terhebat Jerman itu ditayangkan di layar stadion. 

Baca juga : Ada Penghormatan Khusus untuk Legenda Franz Beckenbauer di Pembukaan Piala Eropa 2024

Istri Franz Beckenbauer, Heidi, memimpin penghormatan kepada legenda yang memenangkan Piala Dunia dan Euro sebagai pemain dan pelatih. 
 
Heidi bersama legenda Jerman lainnya, Bernard Dietz dan Jurgen Klinsmann membawa Piala Henri Delaunay, trofi yang akan dipersembahkan kepada juara pada laga final nanti di Berlin, 14 Juli mendatang.

Heidi menahan air mata saat foto suaminya ditampilkan di layar lebar disambut tepuk tangan para penonton di Allianz Arena.   

'Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk sepak bola, kami tidak akan pernah melupakanmu.' kata sebuah pengumuman di stadion. 

Baca juga : Intip Euforia di Jerman Jelang Pembukaan EURO 2024

Dijuluki 'der Kaiser', Beckenbauer secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Ia meninggal dunia di usia 78 tahun pada 7 Januari 2024.

Pada 2019, di majalah Bunte terungkap bahwa Beckenbauer kehilangan penglihatan pada salah satu matanya setelah berkompetisi dalam tur golf.

“Saya diduga menderita infeksi mata di salah satu matanya,” katanya saat itu. 

Baca juga : Suporter Tim Kontestan Euro 2024 mulai Berdatangan ke Berlin

Beckenbauer adalah kapten Jerman Barat pada Kejuaraan Eropa 1972. Ia membawa kejayaan Jerman Barat pada Piala Dunia 1974 sebagai pemain di rumah sendiri.  Ia juga memimpin Jerman Barat ke Piala Dunia 1990 sebagai pelatih. 

Dia adalah bagian dari tim Bayern Muenchen yang memenangkan tiga kejuaraan Eropa berturut-turut antara 1974 dan 1976,. Dia juga mengangkat lima gelar Bundesliga (empat sebagai pemain dan satu sebagai pelatih) dalam kariernya yang sangat cemerlang. Beckenbauer juga pernah menerima penghargaan Presiden UEFA pada 2013. 

Selain penghormatan untuk sang legenda, upacara pembukaan diisi berbagai pertunjukan dan atraksi di lapangan. Satu hal lain yang cukup menarik adalah pengenalan terhadap maskot Euro 2024, yaitu boneka teddy bear bernama Albart. Maskot berkepala besar bermata besar ini menggunakan jersey sepak bola, kaus kaki, dan sepatu bot. (Dailymail/P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat