visitaaponce.com

Transformasi Mental Erick Thohir Dinilai Berhasil di Timnas Sepak Bola

Transformasi Mental Erick Thohir Dinilai Berhasil di Timnas Sepak Bola
Timnas U-22 menyanyikan lagu Indonesia Raya usai meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja, Selasa (16/5).(Antara)

AKADEMISI Universitas Gajah Mada (UGM), Nurhadi Susanto menilai salah satu kunci keberhasila Tim Nasional Sepak Bola U-22 di ajang Sea Games Kamboja ialah transformasi mental yang dulakukan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. Menurutnya, keberhasilan skuad Garuda Muda di partai final tidak lepas dari tingginya semangat juang yang dimiliki.

Di samping itu, tentunya terdapat teknis pertandingan dan pembinaan fisik pemain yang maksimal hinga dapat terus terjaga hingga peluit akhir berbunyi.

“Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu memberikan sentuhan psikologis kepada pemain dan pelatih sebagai satu tim menjadi poin penting dalam bertanding. Tentunya teknis dan fisik juga turut membantu Timnas Indonesia menjuarai babak final sepak bola SEA Games 2023,” terang Nurhadi, Rabu (17/0).

Seperti diketahui, Erick Thohir terus menekankan kepada para penggawa timnas soal  pentingnya memiliki mental kuat dalam pertandingan. Jika memiliki fisik yang kelelahan namun mental akan membuat atlet terus bermain hingga akhir.

Di masa kepemimpinan Erick Thohir ini, pembentukan mental yang kuat para pemain dilakukan dalam program talent pooling. Dengan masuk ke talent pooling yang dibentuk PSSI, perlahan-lahan pembentukan mental pemain yang datang dari beragam klub sepak bola di Indonesia dibentuk menjadi satu kesatuan di bawah nama timnas

Hal ini kemudian membuat Timnas Sepak bola Indonesia U-22 memiliki daya juang yang tinggi hingga akhir pertandingan dan memenangkan emas untuk cabang olah raga sepak bola di SEA Games 2023. Nurhadi mengatakan daya juang dan mental tinggi yang dimiliki oleh skuad Garuda Muda saat ini menjadi salah satu keberhasilan Erick Thohir.

Terbukti, semangat juang tinggi dan mental yang kuat Timnas Sepak Bola Indonesia saat ini berhasil mengakhir puasa medali emas Indonesia di ajang Sea Games yang sudah 32 tahun.

“Mental juara yang tinggi dari Timnas Indonesia merupakan bagian dari keberhasilan transformasi yang dilakukan Erick di PSSI,” pungkasnya. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat