visitaaponce.com

Uruguay Runtuhkan Hegemoni Eropa di Piala Dunia U-20

Uruguay Runtuhkan Hegemoni Eropa di Piala Dunia U-20
Para pemain U20 Uruguay merayakan kemenangan mereka di Piala Dunia U-20(AFP)

Timnas Uruguay berhasil menjuarai Piala Dunia U-20 2023 di Argentina untuk pertama kalinya setelah menundukan perlawanan Italia 1-0 di final, Senin (12/6) dini hari WIB. Kemenangan La Celeste mengakhiri rentetan empat kemenangan beruntun tim-tim Eropa di turnamen sepak bola dunia kelompok usia 20 tahun itu.

Pada 2019, Polandia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1. Duta tahun sebelumnya, pada 2017, Inggris yang memenangi kejuaraan. Di 2015, Serbia berhasil mengungguli Brasil di final, dan di 2013 Prancis yang berhasil menjadi kampiun.

Terakhir kali Piala Dunia dimenangi negara non-Eropa adalah pada edisi 2011. Saat itu, Brasil menang atas Portugal di laga final.

Baca juga: Uruguay Juara Piala Dunia U-20

Dalam pertandingan final yang dihelat di Estadio Ciudad de La Plata, Argentina, Uruguay memastikan kemenangan hanya empat menit sebelum waktu normal berakhir. Luciano Rodriguez meruntuhkan pertahanan Italia melalui sundulan kepalanya di menit ke-86.

"Ini gila, gila, gila. Kami pantas mendapatkannya. Kami hidup dalam mimpi." kata Rodriguez selepas pertandingan.

Baca juga: Tampil Sebagai Debutan, Israel Juara Tiga Piala Dunia U-20

Dalam laga tersebut, Uruguay memang tampil jauh lebih baik dari Italia. Tim asuhan Marcelo Broli itu mampu melepaskan 15 tendangan dengan empat yang mengarah ke gawang. Sementara, Italia hanya melesakkan tiga tembakan tanpa ada satupun yang tepat sasaran.

"Pertandingan ini tidak membatalkan apa yang telah kami lakukan, memainkan semua pertandingan ini tidaklah mudah. Namun, Mereka lebih baik dari kami," kata pelatih Italia Carmine Nunziata.

Meski gagal menjadi kampiun, gelandang Italia Cesare Casadei berhasil meraih dua penghargaan individu. Pemain muda Chelsea itu berhasil menjadi top skor denga tujuh gol sekaligus pemain terbaik di ajang itu. (ESPN/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat