visitaaponce.com

Gol Larut Joselu Pastikan Spanyol Kalahkan Italia di Semifinal Liga Negara UEFA

Gol Larut Joselu Pastikan Spanyol Kalahkan Italia di Semifinal Liga Negara UEFA
Penyerang Spanyol Joselu melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Italia di laga semifinal Liga Negara UEFA.(AFP/JOHN THYS)

JOSELU mencetak gol saat laga menyisakan dua menit untuk memastikan Spanyol menang 2-1 atas Italia di laga semifinal Liga Negara UEFA, Jumat (16/6) dini hari WIB. 

Di laga final, Senin (19/6) dini hari WIB, La Furia Roja akan berhadapan dengan Kroasiam yang mengalahkan Belanda, Kamis (15/6) dini hari WIB.

Yeremy Pino membawa Spanyol unggul saat laga baru berlangsung 3 menit namun Ciro Immobile menyamakan kedudukan dari titik penalti di menit 11.

Baca juga: Kalahkan Belanda, Kroasia Melaju ke Final Liga Negara UEFA

Saat laga tampaknya harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu, Joselu mencetak gol untuk memastikan Spanyol keluar sebagai pemenang.

Kemenangan atas Italia meredakan tekanan terhadap pelatih Spanyol Luis de la Fuente, yang menjadi sasaran kritik setelah tim Matador kalah dari Skotlandia di laga keduanya sebagai pelatih.

Joselu yang mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan di bawah asuhan De la Fuente, yang memberinya kesempatan melakukan debut, sukses berada di posisi offside setelah tendangan Rodri Hernandez memantul dan jatuh di jalurnya.

Baca juga: Pelatih Spanyol Pandang Laga Kontra Italia Sebagai Laga Terakhirnya

De la Fuente memberikan kesempatan debut kepada Robin Le Normand serta bek keturunan Prancis Aymeric Laporte dalam laga di De Grolsch Veste.

Bek Manchester City itu dan rekan setimnya, Rodri, tampil membela Spanyol setelah menjadi juara Liga Champions, Minggu (11/6) lalu, dengan Rodri menjadi penentu kemenangan di laga final melawan Inter Milan.

Dalam laga melawan Spanyol, Mancini memainkan tiga bek dan mempercayakan bek veteran Leonardo Bonucci sebagai starter meskiil kurang apik bersama Juventus pada musim lalu.

Hasilnya, Spanyol sukses mencetak gol cepat dengan Bonucci kehilangan bola saat ditekan Gavi dan Yeremy Pino dan Pino kemudian sukses menjebol gawang Italia yang dikawal Gianluigi Donnarumma.

Namun, Italia sukses bangkit dan mendapatkan hadiah penalti ketika Le Normand dianggap melanggar Nicolo Zaniolo di kotak terlarang.

Immobile sukses menjadi eksekutor di laga pertamanya usai kekalahan Italia di laga playoff Piala Dunia melawan Makedonia Utara, Maret 2022 lalu.

Italia sempat kembali mencetak gol ketika David Frattesi menyambar umpan Jorginho namun gol itu dianulir karena offside.

Alvaro Morata memaksa Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang dengan Spanyol memilih memainkan stategi serangan balik.

Spanyol menghajar Italia 4-0 di laga final Piala Eropa 2021 dan menang di semifinal Liga Negara UEFA 2021. Italia berhasil menjadi juara Piala Eropa 2020 usai menang adu penalti atas Spanyol di semifinal.

Babak kedua

Mancini memasukkan dua pemain Inter Milan, Federico Dimarco dan Matteo Darmian, setelah menarik keluar dua pemain, salah satunya adalah Bonucci yang melakukan blunder yang berujung pada gol Spanyol.

Spanyol bermain lebih apik di babak kedua dan Morata nyaris membawa la Roja unggul namun tendangannya melebar setelah Donnarumma menahan upaya Mikel Merino.

Rodri juga hampir membawa Spanyol memimpin namun tendangan akrobatnya meleceng.

Setengaj jam terakhir berlangsung lambat dengan kedua tim terlihat kelelahan. 

De la Fuente pun memasukkan Ansu Fati dan Joselu untuk menambah daya gedor Spanyol sementara Mancini menurunkan penyerang Juventus Federico Chiesa.

Pada akhirnya, Joselu sukses menjadi pembeda, dengan mencetak gol yang memastikan Spanyol melaju ke final Liga Negara UEFA. (AFP/Z-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat