visitaaponce.com

Rekrut Pemain Jepang, Persipa Pati Ingin Liga 2 Naik Kelas

Rekrut Pemain Jepang, Persipa Pati Ingin Liga 2 Naik Kelas
Pemain asal Jepang Takuto Miki (tengah) saat diperkenalkan sebagai pemain asing Persipa Pati(MI/Akmal Fauzi)

PERSIPA Pati menjadi klub pertama Liga 2 yang mengumumkan kedatangan pemain asing untuk musim 2023-2024. Kehadiran pemain asal Jepang, Takuto Miki itu diharapkan mampu meningkatkan euforia suporter untuk mendukung tim kebanggaan masyarakat Pati, Jawa Tengah.

"Suporter Liga 2 itu lebih fanatik karena ada kebanggaan kedaerahan. Jadi kehadiran pemain asing ini tentu akan lebih jadi daya tarik," kata Presiden Persipa Pati Amal Al Ghozali di Jakarta, Rabu (12/7).

Regulasi musim 2023-2024 membolehkan Liga 2 memiliki dua pemain asing. Satu bebas dari negara manapun dan satu lagi berasal dari Asia. Regulasi itu membuat Persipa Pati langsung bergerak mencari pemain asing untuk menyiapkan kompetisi yang direncanakan dimulai pada September mendatang.

Baca juga: Rekrut Pemain Asal Jepang, Persipa Pati jadi Tim Liga 2 Pertama yang Umumkan Pemain Asing

Sementara itu, CEO Persipa Pati, Joni Kurnianto yakin kehadiran Takuto Miki bisa membantu Persipa Pati tampil lebih baik lagi pada kompetisi Liga 2 2023-2023. Ia yakin, pemain berusia 20 tahun itu bisa memberikan dampak positif terhadap kualitas kompetisi Liga 2.

"Kami di Persipa Pati itu benar-benar memilih pemain-pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim. Kami kita juga tidak muluk-muluk ya kita bisa bertahan di Liga 2, tapi kalau Allah memberikan kesempatan lebih (promosi ke Liga 1) kami bersyukur," kata Joni.

Baca juga: Liga 2 Dimulai pada September

"Dalam pertemuan owner meeting dengan PSSI dan PT LIB ada regulasi dua pemain asing. Liga 2 sepakat (kehadiran pemain asing) bisa menambah animo masyarakat dan juga nanti dari pemain asing ini kita bisa ambil pelajarannya," jelasnya.

Sementara itu, Takuto Miki menjelaskan alasannya menerima tawaran Persipa Pati. Pemain yang sukses membawa tim FC Ulaanbaatar menjuarai kompetisi di Liga Mongolia musim lalu itu tertarik dengan atmosfer sepak bola Indonesia meskipun bukan bermain di Liga 1.

"Saya menyukai Indonesia, saya suka tantangan dan saya merasa di Indonesia ada tantangan buat saya," kata Takuto Miki.

Takuto juga mengomentari banyaknya pemain asal Jepang yang bergabung ke klub-klub liga Indonesia khususnya Liga 1. Ia berharap, kehadiran pemain Jepang bisa meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia.

Pemain Jepang memang menjadi pilihan klub Liga 1 musim 2023-2024. Mereka ialah Kei Hirose (Borneo FC), Ryo Matsumura (Persija Jakarta), Taisei Marukawa (PSIS Semarang), Sho Yamamoto (Persebaya Surabaya), Kenzo Nambu (PSM Makassar), Mitsuru Maruoka (RANS Nusantara FC), Kei Sano (PSS Sleman) dan Kaishu Yamazaki (Persikabo 1973)

"Menurut saya dengan banyaknya pemain Jepang di sini, itu bagus juga buat saya dan siapa tahu ada perubahan dengan adanya pemain Jepang di sini," kata Takuto. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat