visitaaponce.com

Profil Bojan Hodak, Pelatih Anyar Persib Bandung Pengganti Luis Milla

Profil Bojan Hodak, Pelatih Anyar Persib Bandung Pengganti Luis Milla
Bojak Hodak sempat menangani PSM Makassar di Liga 1 tahun 2020.(Dok Persib Bandung)

SETELAH sempat kosong karena ditinggal Luis Milla, akhirnya Persib Bandung menunjuk Bojan Hodak sebagai juru taktik maung Bandung. Hodak  adalah pelatih berpaspor Kroasia yang sebelumnya menangani klub Malaysia, Kuala Lumpur FC.

"Kami telah menjalin kesepakatan dengan Hodak dan hari ini kami  mengumumkannya. Kami berharap, pelatih kelahiran Zagreb, 4 Mei 1971 ini bisa meningkatkan level permainan dan prestasi Persib dan Persib bisa bangkit untuk memburu target awal yaitu posisi empat besar," kata Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono Rabu (26/7).

Teddy berharap, Hodak bisa segera bergabung dengan tim yang hingga saat ini masih ditangani caretaker pelatih Yaya Sunarya.

Baca juga : Ditinggal Luis Milla, Pelatih Caretaker Persib Bandung Ungkap Tantangan Berat

Berdasarkan catatan kiprahnya sebagai pelatih, sebelum menangani Kuala Lumpur FC yang sukses lolos ke final Piala Malaysia tahun ini, sebelum dikalahkan Johor Darul Ta'zom (JDT) di final, Hodak sempat menangani PSM Makassar di Liga 1 tahun 2020.

Kiprahnya bersama PSM cukup singkat karena kompetisi terpaksa dihentikan akibat adanya pandemi Covid-19. Bersama PSM, Hodak memainkan delapan laga. Dari delapan laga itu, ia memenangkan empat laga dan satu kekalahan. Tiga laga lainnya berhasil imbang.

Baca juga : Pelatih Luis Milla Mundur dari Persib Bandung, Yaya Sunarya jadi Caretaker

Delapan laga yang dimainkan Hodak bersama PSM, lima di antaranya merupakan ajang AFC Cup. Dari lima pertandingan di AFC Cup itu, Hodak meraih tiga kemenangan. Kemudian, satu laga berakhir seri, dan satu laga berakhir imbang.

Setelah dari PSM, Hodak kemudian pindah ke Kuala Lumpur City FC (KLFA). Hodak menukangi KLFA dari tahun 2021 hingga 2023. Totalnya, pelatih kelahiran Zagreb, Kroasia itu memainkan 72 laga di semua kompetisi.

Dari 72 laga bersama KLFA, Hodak memenangkan 33 laga. Kemudian, 22 laga imbang, dan 24 laga kalah. Hodak berhasil membawa KLFA melaju ke final Malaysia FA Cup 2023.

Namun, pada partai final, KLFA takluk dari lawannya Johor Darul Ta'zom (JDT). KLFA kalah 0-2 di partai pamungkas
itu. Hodak musim ini hanya menjadi runner-up Malaysia FA Cup bersama KLFA.

Sebelum menukangi PSM dan KLFA, pelatih berpaspor Kroasia itu juga pernah menghantarkan Kelantan FA menjadi kampiun Liga Super Malaysia pada 2012. Bersama Kelantan FA, Hodak juga menjuarai Malaysia FA Cup 2012 dan 2013.

 

Dari Malaysia ke Vietnam

Ketika berkiprah di Liga Vietnam, Hodak juga mengantarkan Phnom Penh Crown menjadi kampiun pada 2011. Kini, Hodak resmi menukangi Persib. Hodak memiliki skuad warisan Luis Milla, skuad yang paling mahal di Liga 1 Indonesia musim ini.

Menurut situs Transfermarkt, Persib memiliki harga pasar sebesar Rp103,42 miliar. Paling mahal di antara 18 klub yang tampil di Liga 1. Maung Bandung juga merupakan klub yang memiliki tujuh pemain asing. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat