visitaaponce.com

Kecerdikan Thomas Doll Bawa Persija Tundukkan Persebaya

Kecerdikan Thomas Doll Bawa Persija Tundukkan Persebaya
Gelandang Persija Syahrian Abimanyu membawa bola di laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di Gelora Bung Karno, Minggu (30/7)(Dok. Instagram @persija)

PERIJA Jakarta yang tampil tanpa sejumlah pemain utamanya berhasil mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/7). 

Kecerdikan pelatih tim Macan Kemayoran Thomas Doll yang merotasi sejumlah pemain dengan posisi yang berbeda berbuah manis dengan permainan yang apik dan mengejutkan lawan.

Sejumlah pemain Persija seperti Marko Simic dan Hansamu Yama absen karena cedera. Thomas Doll mengubah formasi dari 3-4-3 menjadi 3-5-2 dengan memainkan Firza Andika menjadi bek bersama Rizky Ridho dan Ondrej Kudela.

Baca juga : Persija Siap Hadapi Persebaya

Peran berbeda juga dimainkan Witan Sulaeman di posisi bek sayap yang biasa disi Firza Andika. Sementara itu ketidakhadiran Simic sebagai penyerang murni membuat Riko Simanjuntak dan Ryo Matsumura diperankan sebagai false-nine di lini depan oleh Doll.

Peran baru Witan sebagai bek sayap membuat serangan Persija lebih hidup di sisi kiri menopang peran Riko Simanjuntak dan Ryo Matsumura di lini depan.

Racikan strategi itu berbuah manis. Gol pertama Persija yang tercipta pada menit ke-38 lahir dari kerjasama Ryo Matsumura dan Witan Sulaeman. Bermula dari umpan Syahrian Abimanyu ke arah Witan langsung diteruskan dengan tumit ke arah Matsumura. Matsumura yang bergerak di sisi kanan pertahanan Persebaya lepas dari kawalan bek-bek Bajul Ijo dan melepaskan tembakan mendatar yang mengarah ke tiang jauh.

Baca juga : Buruk di Awal Musim, Aji Santoso Ultimatum Pemain Persebaya

Sebelum gol pertama tercipta, Persebaya harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-28. Arief Catur Pamungkas diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman tepat di depan kotak penalti dalam posisi dia sebagai orang terakhir dan Persija sedang melancarkan serangan cepat.

Di babak kedua, Persebaya justru tampil lebih ngotot meskipun kalah jumlah pemain. Mereka mendominasi area lini tengah untuk membangun serangan. Namun, sejumlah peluang dari Bruno Moreira dkk gagal menjadi gol.

Sementara itu, Persija juga menciptakan peluang-peluang bagus. Pemain sayap berusia 19 tahun Muhammad Rayhan Hanan hampir menambah keunggulan Persija jelang pertandingan berakhir. Namun tendangannya mampu ditangkap kiper Persebaya Andhika Ramadhani.

Hasil ini menempatkan Persija di urutan kelima klasemen sementara dengan delapan poin dari lima laga. Sedangkan Persebaya berada di tempat ke-13 dengan lima poin dari lima laga. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat