visitaaponce.com

Gol Tunggal Olga Carmona Bawa Sejarah bagi Spanyol di Piala Dunia Wanita

Gol Tunggal Olga Carmona Bawa Sejarah bagi Spanyol di Piala Dunia Wanita
Timnas sepak bola wanita Spanyol merayakan kemenangan di Piala Dunia Wanita 2023(AFP/Saeed Khan)

TIM Nasional sepak bola wanita Spanyol sukses mencetak sejarah di ajang Piala Dunia Wanita dengan menjuarai edisi 2023 setelah mengalahkan Inggris 1-0 di laga final yang berlangsung di Stadium Australia, Sydney, Australia, Minggu (20/8) malam.

Gol tunggal tim matador dicetak oleh sang kapten, Olga Carmona pada menit ke-29. Spanyol sempat mendapat peluang menambah keunggulan lewat penalti pada menit ke-69, tapi gagal dieksekusi oleh Jenni Hermoso.

Gelar juara dunia pertama bagi timnas wanita Spanyol itu juga menjadi pembuktian bagi pelatih Jorge Vilda yang sempat dilanda isu ketidakpercayaan dari pemainnya, hingga 15 pemain menyatakan tak ingin dilatih oleh Vilda.

Baca juga : Main di Liga Jepang, Pratama Arhan dinilai Erick Eratkan Hubungan PSSI dan Jepang

Kemenangan itu juga semakin spesial karena pertandingan kontra Inggris disaksikan oleh Ratu Letizia.

Spanyol menjadi tim kelima yang berhasil mengangkat trofi Piala Dunia Wanita sejak turnamen ini dimulai pada 1991, bergabung dengan para juara sebelumnya, Amerika Serikat, Jerman, Norwegia dan Jepang.

Baca juga : Tottenham Tundukan Manchester United 2-0

Sementara bagi Inggris yang pada laga itu mengenakan jersey biru, kekalahan itu memupus mimpin tim tiga singa untuk mengangkat trofi Piala Dunia perdananya. Kekalahan dari Spanyol juga membuat pelatih Inggris Sarina Wiegman gagal membawa timnya meraih trofi prestisius itu kembali.

Pada edisi sebelumnya di Prancis, Wiegman yang melatih tim Belanda juga gagal meraih Piala Dunia Wanita setelah timnya kalah dari Amerika Serikat. (AFP/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat