visitaaponce.com

Brasil Vs Bolivia, Neymar Lampaui Rekor Pele

Brasil Vs Bolivia, Neymar Lampaui Rekor Pele
Neymar dengan 79 gol sekarang melewati rekor Pele (77 gol).(CARL DE SOUZA / AFP)

NEYMAR melampaui rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil. Torehan tersebut diukirnya usai mencetak dua gol kemenangan Brasil 5-1 atas Bolivia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan, Sabtu (9/9). Neymar dengan 79 gol sekarang melewati rekor Pele (77 gol).

Kemenangan tersebut merupakan awal yang manis bagi pelatih baru Brasil, Fernando Diniz. Dia mengambil alih kursi kepelatihan dari pendahulunya Tite yang pada Piala Dunia tahun lalu hanya sanggup membawa ke perempat final.

Di menit ke-17 Brasil mendapat hadiah penalti namun eksekusi Neymar belum berbuah. Tujuh menit kemudian, Brasil unggul ketika Rodrygo bereaksi cepat untuk mencetak gol setelah tembakan Raphinha berhasil ditepis kiper Guillermo Viscarra.

Baca juga: Neymar Gusur Pele Sebagai Pencetak Gol Terbanyak Brasil

Brasil menggandakan keunggulan mereka sesaat setelah turun minum lewat gol Raphinha. Menit ke-53 Rodrygo dengan percaya diri kembali mencetak gol ketiga bagi Brasil.

Momentum Neymar datang tak lama berselang gol Rodrygo. Pemain berusia 31 tahun itu sukses masuk dalam buku sejarah saat ia menerkam bola liar di dalam kotak penalti dan mencetak golnya yang ke-78 dalam pertandingannya yang ke-125 untuk negaranya.

Baca juga: Sebelum Messi, Ini Empat Bintang yang Memilih Meningalkan Eropa

Di menit ke-78, Victor Abrego membuat satu gol hiburan untuk Bolivia usai menerobos lini belakang Brasil sebelum akhirnya melepaskan tembakan tak terhentikan melewati kiper Ederson.

Neymar memperpanjang rekor golnya memanfaatkan umpan mendatar dari Raphinha di masa tambahan waktu untuk melengkapi kemenangan dan malam yang tak terlupakan bagi sang penyerang.

Mantan striker Barcelona berusia 31 tahun itu baru saja pindah dari Paris Saint-Germain ke klub Arab Saudi Al Hilal.

Pele, yang meninggal pada Desember 2022 dalam usia 82 tahun, mencetak 77 gol untuk Brasil dalam 92 penampilan sejak 1957 hingga 1971.

Pada pertandingan kualifikasi lainnya, Uruguay di bawah pelatih baru Marcelo Bielsa juga unjuk gigi mengalahkan Cile 3-1. Bielsa memilih susunan pemain muda tanpa striker veteran Edinson Cavani dan Luis Suarez.

Bielsa kini menggairahkan permainan menghibur Uruguay dengan mengandalkan gelandang serang River Plate, Nicolas de la Cruz. Di laga itu dia mencetak dua gol.

De la Cruz membuka skor dengan tendangan kaki kiri pada menit ke-38. Gelandang Real Madrid, Federico Valverde, menggandakan keunggulan Uruguay menjelang turun minum.

De la Cruz mencetak gol kedua di menit ke-71. Cile membalaskan satu gol tiga menit kemudian melalui Arturo Vidal.

Proses kualifikasi untuk Piala Dunia 2026, yang diikuti 48 tim peserta, menawarkan dua tempat tambahan untuk zona Amerika Selatan dengan enam tim lolos langsung. Negara peringkat ketujuh hingga sepuluh akan menuju play-off antar benua.

Pertandingan pembukaan kualifikasi juha menampilkan Argentina mengalahkan Ekuador 1-0 melalui gol Lionel Messi. Adapun Peru bermain imbang 0-0 menghadapi Paraguay dan Kolombia mengalahkan Venezuela 1-0. (AFP/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat