visitaaponce.com

LSI 91 Publik Puas dengan Kinerja Erick Benahi Sepak bola

LSI: 91% Publik Puas dengan Kinerja Erick Benahi Sepak bola
Kinerja Erik Thohir membenahi sepak bola nasional diapresiasi(Ist)

LEMBAGA Survei Indonesia (LSI) memaparkan 91,4% publik puas dengan kinerja Erick Thohir dalam membenahi sepak bola nasional. Hal ini tergambar dalam hasil survei yang dilakukan LSI pada 18-20 September 2023 terhadap 1.206 responden.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengatakan terdapat dua model responden, yakni responden umum dan responden yang mengaku sebagai penggemar klub di Indonesia.

"Awareness dan kepuasan terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI lebih tinggi di kelompok yang mengaku sebagai penggemar sepak bola di Indonesia," kata Djayadi Hanan dalam pemaparan hasil survei nasional bertajuk "Isu-isu Sepak bola dan Pilihan Politik" di Jakarta, Selasa (4/10).

Baca juga: Erick Thohir Ingatkan Jangan Ada yang Berani Menimbun Beras

Djayadi menjelaskan 91,4% para penggemar klub sepak bola seperti Persija, Persebaya, Arema, Persib, PSM, dan lain-lain, menyampaikan kepuasannya terhadap kinerja Erick. Sebanyak 34,9% diantaranya merasa sangat puas dan 56,5% cukup puas.

Djayadi menyebut PSSI cukup gencar dalam merespons keresahan publik terhadap dunia sepak bola, sekaligus juga berupaya melibatkan publik, antara lain dengan melakukan langkah penyelesaian mafia bola. Langkah tersebut juga terlihat dikomunikasikan secara luas ke masyarakat.

Baca juga: Pengamat: Elektabilitas Erick Tinggi karena Terlihat Kinerjanya

Sebanyak 47,4% responden menilai kompetisi sepak bola saat ini semakin baik dibanding beberapa tahun terakhir, sementara di kelompok yang mengaku penggemar klub sepak bola di Indonesia menilai jauh lebih positif terkait kompetisi sepak bola di Indonesia saat ini yakni 68,2%.

"Mayoritas, 55,1% menilai prestasi Indonesia dalam sepakbola saat ini semakin baik dibanding beberapa tahun terakhir, sementara di kelompok yang mengaku penggemar klub sepak bola di Indonesia menilai jauh lebih positif terkait prestasiIndonesia dalam sepak bola saat ini yakni 77,8%," jelas Djayadi.

Menurutnya, kepuasan publik terhadap PSSI di bawah kepemimpinan Erick didorong sejumlah faktor. Pertama, terkait kinerja PSSI dalam membentuk atlet sepak bola berkualitas. Kemudian, upaya PSSI membentuk timnas yang berkualitas dan berprestasi, mengembangkan sepakbola Indonesia yang maju, modern, dan professional serta mengkoordinasikan seluruh kompetisi dan turnamen.

"Sekitar 23,1% responden juga tahu Erick akan melakukan audit keuangan PSSI karena dugaan adanya pengelolaan keuangan yang tidak semestinya di PSSI, awareness lebih tinggi di kelompok penggemar klub sepak bola Indonesia," lanjut Djayadi.

Djayadi menyampaikan 68,9% setuju dengan langkah Erick melakukan audit keuangan PSSI untuk membuktikan kepengurusan yang bersih, transparan dan dapat dipertanggung-jawabkan. Djayadi menyebut 64,6% responden yang berasal dari penggemar klub Indonesia percaya PSSI mampu memberantas mafia bola.

Responden survei yang berlangsung pada 18-20 September 2023 ialah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83% dari total populasi nasional. Survei dilakukan dengan wawancara telepon oleh pewawancara yang terlatih. Margin of error kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat