visitaaponce.com

Soal Indonesia Main di Piala Dunia, Erick Probabilitas Makin Besar

Soal Indonesia Main di Piala Dunia, Erick: Probabilitas Makin Besar
Ketua PSSI Erick Thohir(MI)

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut peluang Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia 2026 semakin besar setelah FIFA mengubah skema kompetisi terbesar sejagat itu. Sebelumnya, Piala Dunia hanya diikuti 32 negara. Kini turnamen itu akan melibatkan 48 negara. Artinya ada 16 tempat baru yang bisa diperebutkan oleh banyak negara termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, Erick menegaskan bahwa skuad Garuda harus bisa fokus menjalani setiap tahapan untuk bisa menuju ke pesta olahraga paling bergengsi itu. Pada tahap paling awal, Indonesia harus bisa mengalahkan Brunei pada fase kualifikasi yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, hari ini, Kamis (12/10).

"Itu kita fokus dulu. Kalau itu lolos lagi baru kita senyum dikit. Memang probabilitasnya 48 negara mestinya juga menguntungkan Asia yang tadinya sangat sedikit, dari 4,5 menjadi 8,5," kata Erick saat hadir pada latihan terakhir timnas Indonesia jelang laga pertama melawan Brunei di SUGBK, Rabu (11/10).

Baca juga: Asnawi Tegaskan Indonesia Harus Menang Lawan Brunei

Ia menekankan, meski Indonesia (147) dan Brunei (191) terpaut jauh secara peringkat FIFA, para pemain tidak boleh meremehkan tim asuhan pelatih Mario Rivera itu.

Hal ini ia tekankan agar hasil ketika menaklukkan China Taipei U-23 dengan skor 9-0 di kualifikasi Piala Asia U-23 dan kemudian malah takluk 0-1 dari timnas China Taipei senior pada Asian Games 2022 Hangzhou tidak terulang.

Baca juga: Erick Ingatkan Timnas Indonesia Agar tidak Remehkan Timnas Brunei

"Kita sudah pernah lihat bagaimana kita menang dengan 9-0, tetapi di pertandingan lain kita kalah 0-1. Jadi artinya bola itu bundar. Kita tidak boleh ya memandang sebelah mata," ucap Menteri BUMN itu. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat