visitaaponce.com

Indonesia Menang 6-0 Lawan Brunei, Selangkah Menuju Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia Menang 6-0 Lawan Brunei, Selangkah Menuju Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 
Ramadhan Sananta (kiri) mencetak gol di menit ke-63.(Instagram @timnasindonesia)

TIMNAS Indonesia pesta gol melakoni leg kesatu putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menjamu Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10) malam, skuad Garuda menang 6-0.

Hasil itu menjadi bekal tim asuhan Shin Tae-Yong menatap leg kedua yang berlangsung di Brunei pada 17 Oktober. Shin puas dengan hasil leg pertama yang menjadi modal penting.

"Leg kedua di Brunei pun nanti kita akan tetap fokus menyerang. Meski sudah unggul enam gol kita akan lebih menekan di depan nantinya," kata Shin seusai pertandingan.

Baca juga : Soal Indonesia Main di Piala Dunia, Erick: Probabilitas Makin Besar

Shin menurunkan starter Nadeo Agrawinata di posisi penjaga gawang kemudian lini belakang Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan, dan Asnawi Mangkualam.

Lini tengah diisi Marc Klok, Sandy Walsh, serta Saddil Ramdani. Posisi lini depan diisi Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, dan Hokky Caraka.

Baca juga : Asnawi Tegaskan Indonesia Harus Menang Lawan Brunei

Dimas Drajad tampil sebagai bintang dengan trigolnya. Sejak menit-menit awal, Indonesia menekan yang kerap mengandalkan sisi kiri dari Pratama Arhan. Gol yang dinantikan tak butuh waktu lama ketika Dimas Drajad menyarangkan bola ketika laga berusia enam menit.

Striker Persikabo itu menuntaskan rebound di mulut gawang dari sundulan Hokky Caraka yang membentur mistar.

Indonesia terus menekan. Tak lama berselang sepakan Klok dari luar kotak penalti masih bisa dihalau. Di menit ke-12 Rizky Ridho menggandakan keunggulan Indonesia. Bek Persija Jakarta itu menceploskan bola dari umpan sepak pojok Saddil.

Shin bereksperimen memainkan Sandy Walsh di posisi gelandang. Di babak kedua, sejumlah pergantian yang dilakukan juga makin menggairahkan permainan.

Indonesia menambah pundi gol usai turun minum melalui penalti Ramadhan Sananta di menit ke-63. Tak sampai empat menit berselang, Sananta yang baru masuk di babak kedua itu kembali mencetak gol menyambut bola rebound.

Dimas Drajad membukukan gol keduanya di menit ke-72 lewat sundulan. Keran gol Indonesia ditutup oleh Dimas yang kembali mencetak gol sekaligus hattrick perdananya berseragam timnas.

"Saya merasa enak mainnya. Gol hattrick ini saya persembahkab untuk keluarga, istri, anak, dan masyarakat Indonesia," ucap Dimas.

Shin mengaku puas lima dari enam gol yang ditorehkan berasal dari para striker. Itu menunjukkan penggawa lini depan haus gol dan memperlihatkan penyelesaian yang baik.

"Striker kita memang cetak lima gol. Memang mereka tadi sangat baik finishing-nya," imbuh juru taktik asal Korea Selatan itu. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat