visitaaponce.com

FIFA Tegaskan Rumput Stadion Piala Dunia U-17 Penuhi Standar

FIFA Tegaskan Rumput Stadion Piala Dunia U-17 Penuhi Standar
Pekerja mengerjakan perbaikan rumput Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta, Kamis (19/10/2023).(Antara/Khaerul Izan)

FIFA menegaskan kepuasan atas pencapaian PSSI dan pemerintah Indonesia yang telah memenuhi segala tugas dan standar renovasi semua stadion Piala Dunia U-17 termasuk untuk Jakarta International Stadium (JIS).

Sejak pembukaan, empat stadion telah menjamu 24 tim negara peserta. Performa stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Jakarta, Stadion Manahan di Solo, Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung dan JIS dinilai telah naik level ke taraf penyelenggaraan turnamen internasional.

Baca juga : JIS Gelar 16 Laga Piala Dunia U-17

Manajemen lapangan senior FIFA, Alan Ferguson, menyampaikan meski ada faktor tantangan kelembaban dan curah hujan, kualitas rumput yang dipakai di sepanjang turnamen terbilang baik.

"Faktor kelembaban dan curah hujan (tinggi) di musim hujan khususnya, akan selalu menjadi tantangan yang spesifik. Namun semua ini telah tertangani dengan sangat baik dengan level terinterupsi yang minimum," ujarnya, Selasa (14/11).

Baca juga : Lengkap! Jadwal Piala Dunia U-17 2023 dan Pembagian Grup

Sebagian stadion sudah diuji dengan perubahan cuaca. Stadion Si Jalak Harupat aempat diguyur hujan deras saat pertandingan pembuka antara Jepang dan Polandia. Kendala cuaca tak menjadi halangan terselenggaranya pertandingan hingga tuntas.

Kualitas di semua lapangan pertandingan maupun lapangan latihan disebut selalu dipantau para manajer lokal lapangan dan penjaga rumput lapangan.

Venue-venue pertandingan akan menjadi tempat bagi 52 laga. Stadion yang bakalan paling banyak menyelenggarakan pertandingan hingga 16 kali ialah JIS. Menurut FIFA, seiring dengan berjalannya turnamen, JIS sudah teruji dengan optimal dalam skala internasional.

Semua tim yang bertanding baik di Jakarta, Kab. Bandung, Surakarta dan Surabaya memuji kualitas stadion. Mereka menyatakan kepuasannya atas kualitas lapangan, baik di stadion pertandingan maupun di tempat Latihan.

Sejak JIS terpilih sebagai salah satu stadion Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia 2023, PSSI dan Kementerian PUPR tancap gas meningkatkan kualitas stadion. Standar yang mesti tercapai adalah setidaknya memenuhi standard minimum FIFA sebagai lokasi penyelenggaraan pertandingan sekelas turnamen resmi FIFA.

"Pemeliharaan rumput lapangan di semua stadion, pemotongan rumput dengan ketinggian yang tepat serta penggunaan mesin pengelolaan rumput, yang merupakan hal baru bagi Indonesia, tak hanya membuat turnamen ini lebih baik tapi juga menghasilkan warisan terbaik melalui wadah stadion-stadion berkelas dunia," imbuh Ferguson.

Jenis rumput yang digunakan di lapangan yakni zoysia, rumput yang biasa tumbuh di negara tropis. Rumput zoysia yang digunakan di JIS merupakan hasil panenan dari rumput di lapangan kampus Universitas Pelita Harapan.

Pemanenan rumput menggunakan mesin khusus yang dapat menggulung rumput seperti karpet dengan ketebalan lebih dari 4 cm.

Proses penggantian rumput lapangan sangat dimonitor dengan ketat oleh tim manajemen lapangan FIFA dj antaranya dengan pengecekan kualitas rumput dan lapangan setiap harinya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat