visitaaponce.com

Gol Larut Bayo Pastikan Guinea Melaju ke Perempat Final Piala Afrika

Gol Larut Bayo Pastikan Guinea Melaju ke Perempat Final Piala Afrika
Gelandang Guinea Mohamed Bayo melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Guinea Ekuatorial di laga Piala Afrika.(AFP/FRANCK FIFE)

MOHAMED Bayo mencetak gol sundulan di menit kedelapan masa injury time untuk memastikan Guinea menang tipis 1-0 atas Guinea Ekuatorial yang bermain dengan 10 pemain di laga 16 besar Piala Afrika, Senin (29/1) dini hari WIB.

Laga 16 besar Piala Afrika di Stadion Olimpiade Ebimpe itu tampaknya harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu ketika Bayo mencetak gol di masa injury time untuk memicu selebrasi liar di tim Guinea dan para pendukungnya.

Kemenangan di babak 16 besar itu merupakan kemenangan bersejarah bagi Guinea, yang sebelumnya tidak pernah menembus babak sistem gugur Piala Afrika.

Baca juga: Angola dan Nigeria Masuk Perempat Final Piala Afrika 2023

Guinea merupakan runner-up Piala Afrika, ketika laga final four memainkan format round-robin untuk menentukan juaranya.

Di babak perempat Piala Afrika, Jumat (2/2), Guinea akan berhadapan dengan pemenang laga antara Mesir dan Kongo.

"Kemenangan ini sangat berarti. Kami tahu laga ini akan menjadi laga besejarah," ujar pelatih Guinea Kaba Diawara, yang tidak bisa menahan tangis ketika wasit meniup peluit panjang.

Baca juga: Kemenangan Maroko Atas Zambia Buat Pantai Gading Lolos ke 16 Besar Piala Afrika

"Meski kami melakukannya tidak dengan cara indah, meski kami harus menunggu hingga menit terakhir, kami tidak peduli. Yang terpenting adalah kami menang," lanjutnya.

Guinea Ekuatorial, yang bermain dengan 10 pemain sejak Federico Bikoro diusir wasit pada menit 55, sebenarnya berpeluang unggul setelah mendapatkan hadiah penalti di pertengahan babak kedua. Namun,. kapten Emilio Nsue gagal menjadi eksekutor. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat