visitaaponce.com

Gol Tunggal Ademola Lookman Antar Nigeria ke Semifinal Piala Afrika

Gol Tunggal Ademola Lookman Antar Nigeria ke Semifinal Piala Afrika
Penyerang Nigeria Ademola Lookman melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Angola di laga perempat final Piala Afrika(AFP/FRANCK FIFE)

ADEMOLA Lookman mencetak gol ketiganya dalam dua laga untuk memastikan timnas Nigeria melaju ke semifinal Piala Afrika lewat kemenangan 1-0 atas timnas Angola, Sabtu (3/2) dini hari WIB.

Lookman kembali mencuri perhatian dengan menyusul raihan dua gol kala Nigeria menang 2-0 atas timnas Kamerun di babak 16 besar dengan memecahkan kebuntuan di menit 41 dalam laga melawan Angola di Stadion Felix Houphouet Boigny.

Tim Elang Super kemudian sukses mempertahankan keunggulan dalam laga di hadapan 18.757 penonton itu dengan Victor Osimhen berhasil mencetak gol namun dianulir VAR karena offside.

Baca juga : Osimhen Tegaskan Tekad Raih Gelar Piala Afrika Bersama Timnas Nigeria

Penyerang Napoli, yang merupakan Pemain Terbaik Afrika itu, baru mencetak satu gol di Piala Afrika. Namun, penampilan gemilang Nigeria di perhelatan tahun ini adalah berkat pertahanan yang apik dengan mereka sukses empat kali tidak kebobolan.

"Mereka memiliki peluang dalam laga melawan kami lebih banyak ketimbang tim lain. Angola berhasil melaju ke perempat final Piala Afrika bukan karena kebetulan," ujar pelatih Nigeria Jose Peseiro.

"Mereka adalah tim yang bagus namun kami sukses kembali tidak kebobolan."

Baca juga : Imbang Tanpa Gol dengan Mali, Namibia Melaju ke 16 Besar Piala Afrika

"Saya ingin kami bisa mencetak lebih banyak gol. Dengan penyelesaian yang lebih baik, kami harusnya bisa menambah satu atau dua gol. Namun, saya tetap puas," lanjutnya.

Nigeria, yang merupakan juara Piala Afrika tiga kali, melaju ke babak semifinal melawan pemenang laga antara Cape Verde dan Afrika Selatan.

Meski kalah, Angola tetap sukses mencetak sejarah setelah mereka memenangkan laga di babak sistem gugur Piala Afrika untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Baca juga : Dala Cetak Dua Gol Saat Angola Menang Dramatis Atas Mauritania

Setelah berhasil mengalahkan Namibia di babak 16 besar, Angola tidak mampu melewati hadangan Nigeria. (AFP/Z-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat