visitaaponce.com

Gagal di Piala Asia 2023, Jurgen Klinsmann Diambang Pemecatan Oleh Korsel

Gagal di Piala Asia 2023, Jurgen Klinsmann Diambang Pemecatan Oleh Korsel
Pelatih Timnas Korsel Jurgen Klinsmann(AFP/Giuseppe Cacace)

JURGEN Klinsmann potensial segera dipecat sebagai pelatih timnas Korea Selatan (Korsel) usai kegagalan di Piala Asia 2023 Qatar. Komite timnas asosiasi sepak bola Korsel (KFA) meminta agar juru taktik asal Jerman itu diberhentikan.

Komite timnas asosiasi sepak bola Korsel, Kamis (15/2), mengumumkan rekomendasi pemecatan Klinsmann. Rekomendasi itu dihasilkan dari pertemuan yang dilakukan sebelummya menyusul tersingkirnya Son Heung-min dan kawan-kawan di semifinal dan terjadi perselisihan di antara para pemain bintang.

Komite tersebut bukan merupakan badan pengambil keputusan namun akan memberi rekomendasi kepada dewan eksekutif KFA yang akan membuat keputusan akhir mengenai nasib pelatih berusia 59 tahun itu.

Baca juga : Yordania Maju ke Final Piala Asia untuk Pertama Kali Usai Taklukkan Korea

Segelintir pengunjuk rasa turut berkumpul di luar kantor pusat KFA di Seoul menuntut pemecatan Klinsmann yang baru kurang dari setahun menjabat pelatih.

"Kami telah mencapai konsensus bahwa Klinsmann tidak dapat menjalankan kepemimpinannya sebagai pelatih kepala tim nasional karena berbagai alasan dan perubahan kepemimpinan diperlukan,” kata pejabat komite timnas, Hwangbo Kwan.

Klinsmann menghadiri pertemuan tersebut melalui konferensi video secara daring dari rumahnya di Amerika Serikat.

Baca juga : Korsel Vs Yordania di Semifinal Piala Asia 2023, Ini yang Dirasakan Hwang In-beom 

Komite menilai persiapan taktis Klinsmann gagal lantaran Korsel tampil mengecewakan di Qatar. Klinsmann juga dinilai gagal lantaran terjadinya perselisihan antara anggota skuad yang memengaruhi kinerja tim dalam pertandingan melawan Yordania di semifinal.

Insiden perkelahian tersebut belakangan diketahui melibatkan sang kapten Son dan Lee Kang-in.

"Ada pendapat bahwa Klinsmann gagal menunjukkan tekadnya untuk mencari bakat baru dan dia gagal memahami konflik internal atau suasana hati di antara anggota skuad dalam manajemen," kata Hwangbo.

Baca juga : Klinsmann Tegaskan Timnas Korsel Lapar Gelar

"Ada juga penilaian bahwa dia tampaknya mengabaikan masyarakat Korea karena kunjungan singkatnya di Korea Selatan dan bahwa dia telah kehilangan kepercayaan," tambahnya.

Menurut media Korsel Yonhap, KFA akan mempertimbangkan penunjukan pelatih sementara untuk kualifikasi Piala Dunia bulan depan melawan Thailand jika Klinsmann dipecat.

Sejak memimpin skuad Korsel, Klinsmann dianggap belum mampu mengambil hati para suporter atau media Korsel. Dia berjanji untuk mempersembahkan gelar Piala Asia pertama bagi Korsel dalam 64 tahun namun akhirnya kandas. Klinsmann enggan untuk mengundurkan diri meski tekanan besar dihadapinya. (AFP/Z-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat