visitaaponce.com

Lima Klub Indonesia Diganjar Sanksi FIFA, Salah Satunya Persija

Lima Klub Indonesia Diganjar Sanksi FIFA, Salah Satunya Persija
Logo Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) terlihat di kantor mereka di Zurich.(AFP/Michael Buholzer)

FEDERASI Sepak Bola Dunia (FIFA) menjatuhkan sanksi terhadap lima klub Indonesia, termasuk Persija, berupa embargo transfer pemain selama tiga periode. Hal itu diungkapkan FIFA di laman daring resmi mereka, Selasa ((2/4).

Empat klub Indonesia lainnya yang diganjar sanksi FIFA adalah Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, SADA Sumut FC, dan Persiwa Wamena.

Awal masa hukuman bagi masing-masing klub tidak sama. Persija dan Persiraja mulai dijatuhi hukuman sejak 26 Januari 2024, sedangkan Persikab dan SADA memulainya masa hukumannya pada 26 Februari 2024.

Baca juga : Gugatan Simic Dimenangkan FIFA, Persija Wajib Bayar Rp25 Miliar

Untuk Persiwa, hukuman itu dijatuhkan terhitung sejak 12 Mei 2022 dan belum ditentukan kapan dicabut. 

Meski demikian, secara prinsip saat ini, Persiwa sudah tidak eksis lagi di kompetisi sepak bola tanah air, setelah merger dengan tim Cirebon, Bina Putra.

FIFA tidak menjelaskan kasus apa yang membuat kelima klub itu terjerat hukuman. Namun mengutip Peraturan Status dan Transfer Pemain dan Kode Disiplin FIFA, embargo dapat dijatuhkan karena beberapa hal, seperti kewajiban pembayaran yang jatuh tempo, pemutusan kontrak tanpa alasan jelas, dan kegagalan membayar jumlah relevan secara tepat waktu.

Baca juga : FIFA Ungkap Nilai Belanja Pemain 2023: Rp152 Triliun

Embargo transfer secara legal adalah sanksi yang menyebabkan suatu klub tidak dapat mendaftarkan pemain baru setelah merekrut pemain.

Klub masih berhak mendatangkan pemain, namun pemain yang direkrut tidak bisa didaftarkan ke asosiasi sepak bola nasional dan pada ujungnya membuat pemain itu tidak dapat dimainkan.

Persija Jakarta pernah dilaporkan ke FIFA oleh Marko Simic, setelah pembayaran gaji penyerang Kroasia tersebut itu terganggu pada 2022.

Baca juga : Persija Kalah dari Persita, Ini Kata Thomas Doll

Pada 2023, FIFA mengabulkan gugatan Simic dan Persija saat itu dikabarkan harus membayar total Rp25 miliar kepada Simic.

Namun, kemudian pada Juni 2023, Simic kembali berseragam Macan Kemayoran, dan diikat kontrak dua tahun. 

Banyak pihak meyakini kembalinya Simic ke Persija merupakan jalan tengah dari sengketa mereka. Namun, sampai saat ini, Persija dan Simic tidak pernah mengonfirmasi hal itu. (Ant/Z-1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat