visitaaponce.com

Barcelona vs Paris Saint-Germain, Ronald Araujo Diganjar Kartu Merah, El Barca Tersingkir di Perempat Final Liga Champions

Barcelona vs Paris Saint-Germain, Ronald Araujo Diganjar Kartu Merah, El Barca Tersingkir di Perempat Final Liga Champions
Para pemain Paris Saint-Germain melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona di laga leg kedua perempat final Liga Champions.(AFP/FRANCK FIFE)

PARIS Saint-Germain (PSG) meraih kemenangan telak 4-1 atas Barcelona, yang bermain dengan 10 pemain, Rabu (17/4) dini hari WIB, untuk melaju ke semifinal Liga Champions berkat keunggulan agregat 6-4.

Raphinha membawa Barcelona unggul di awal laga namun kartu merah yang diterima Ronald Araujo pada menit 29 membalikkan keadaan yang membuat PSG berhasil meraih kemenangan meski sempat tertinggal agregat dua gol setelah Barcelona menang 3-2 di laga leg pertama.

Ousmane Dembele dan Vitinha menyamakan skor agregat untuk PSG sebelum Kylian Mbappe mencetak dua gol untuk memastikan Les Parisien mencapai semifinal Liga Champions untuk kali pertama sejak 2021.

Baca juga : Luis Enrique Optimistis PSG Bisa Kalahkan Barcelona untuk Capai Semifinal Liga Champions

Klub Ligue 1 itu belum pernah menjadi juara Liga Champions meski telah menggelontorkan banyak uang untuk belanja pemain namun, di laga melawan Barcelona, mereka menunjukkan memiliki daya gedor yang bisa membawa mereka menjadi juara di kompetisi antarklub tertinggi Eropa itu.

AFP/Josep LAGO--Reaksi Raphinha dan Xavi usai Barcelona tersingkir di perempat final Liga Champions.

Barcelona, yang merupakan juara Liga Champions 5 kali, berharap bisa melaju ke semifinal untuk kali pertama sejak 2019 namun kartu merah Araujo karena menjatuhkan Bradley Barcola membuat El Barca kewalahan menghadapi gempuran PSG.

Baca juga : Paris Saint-Germain vs Barcelona, Andreas Christensen Pastikan Kemenangan Blaugrana di Parc des Princes

Pelatih PSG Luis Enrique, yang mengantarkan Barcelona menjadi juara Liga Champions pada 2015, sebelum laga, mengatakan dia optimistisnya timnya bisa mengalahkan Blaugrana meski mereka tidak pernah menang jika kalah di laga leg pertama.

Jalannya pertandingan

PSG tampil menekan sejak awal laga namun Barcelona malah yang lebih dulu unggul.

Pemain 16 tahun Lamine Yamal melewati hadangan Nuno Mendes dan melepaskan umpan silang yang disambar Raphinha untuk membawa Barcelona unggul pada menit 12.

Baca juga : Jelang Leg kedua Barca vs PSG, Koeman Singgung Remontada

Gol tersebut merupakan gol ketiga Raphinha ke gawang PSG setelah gelandang Brasil itu mencetak dua gol  di laga leg pertama di Paris.

Robert Lewandowski berpeluang menggandakan keunggulan Barcelona namun upayanya masih melambung dari gawang PSG.

Barcola kemudian membawa PSG tampil apik. Gelandang Prancis itu selalu menyulitkan rekan senegaranya Jules Kounde di lini belakang Barcelona.

Baca juga : PSG Istirahatkan Neymar Saat Hadapi Barcelona

Barcola memberikan umpan kepada Mbappe namun upaya penyerang timnas Prancis itu masih bisa ditahan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen.

Setelah itu, Barcola dijatuhkan oleh Araujo yang berujung kartu merah pada menit 29. Barcelona pun harus bermain dengan 10 pemain di selama hampir 60 menit laga.

Dembele, yang mengambil tendangan bebas yang diberikan setelah pelanggaran Araujo, melepaskan tendangan yang melebar.

Namun, mantan gelandang Barcelona itu mencetak gol pada menit 40 memanfaatkan umpan silang Barcola. Ini merupakan gol kedua Dembele ke gawang mantan klubnya setelah dia juga menjebol gawang Blaugrana di laga leg pertama.

Barcelona, yang memutuskan untuk menarik Yamal dan memasukkan Inigo Martinez usai kartu merah Araujo, kesulitan melancarkan serangan yang mengancam PSG.

Skor 1-1 antara Barcelona dan PSG bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, PSG menguasai jalannya pertandingan dan Barcelona harus membayar mahal kegagalan mereka menguasai bola.

Vitinha yang diberi terlalu banyak ruang gerak di kotak penalti Barcelona melepaskan tendangannya yang membawa PSG unggul 2-1 pada menit 54. 

Kedua tim kini imbang 4-4 secara agregat.

Ilkay Gundogan sempat mengancam gawang PSG sebelum pelatih Barcelona Xavi Hernandez diusir wasit karena protes.

PSG kemudian mendapatkan hadiah penalti pada menit 61 setelah Joao Cancelo melanggar Dembele di kotak terlarang.

Mbappe, yang tidak banyak mendapatkan peluang di babak pertama, sukses menjadi algojo dan mencetak golnya yang ke-40 di semua kompetisi pada musim ini.

Penyerang yang dilaporkan akan bergabung dengan Real Madrid pada musim depan dipastikan membuat marah para pendukung Barcelona ketika melakukan selebrasi dengan naik ke papan iklan dan berlari ke arah para pendukung.

Seorang staf pelatih Barcelona lainnya diusir wasit setelah permintaan hadiah penalti dari Gundogan ditolak.

Mbappe kemudian mencetak gol keempat PSG di laga kali ini pada menit 89 untuk memastikan Les Parisien menang 4-1 di kandang Barcelona.

Kemenangan 4-1 PSG atas Barcelona bertahan hingga laga usai dan Les Parisien melaju ke semifinal Liga Champions berkat keunggulan agregat 6-4. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat