visitaaponce.com

Timnas Jepang Singkirkan Timnas Qatar dari Piala Asia U-23

Timnas Jepang Singkirkan Timnas Qatar dari Piala Asia U-23
Laga Piala Asia U-23 antara timnas Jepang dan timnas Qatar(AFP/KARIM JAAFAR)

TIMNAS Jepang U-23 menghentikan langkah tuan rumah timnas Qatar U-23 usai menang dengan skor 4-2 pada pertandingan perempat final Piala Asia U-23, yang berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Kamis (25/4) malam WIB.

Pertandingan baru berjalan selama dua menit, Jepang langsung unggul melalui gol yang dicetak gelandang Fuki Yamada.

Tertinggal 1-0, Qatar berusaha menyamakan kedudukan. Di menit ke-11, Jassem Gaber melepaskan tembakan yang masih melenceng dari gawang.

Baca juga : Timnas Korea Selatan Jadi Lawan Timnas Indonesia di Perempat Final Piala Asia U-23

Pada menit ke-24, Qatar berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Ahmed Alrawi memanfaatkan umpan silang dengan apik. Skor imbang 1-1.

Qatar harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-41 ketika penjaga gawang Yousef Abdullah keluar dari kotak penalti untuk menghalau pergerakan pemain Jepang.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit babak pertama ditiup.

Baca juga : PSSI akan Layangkan Protes ke AFC atas Kepemimpinan Wasit di Laga Indonesia vs Qatar

Memulai babak kedua, Qatar memperoleh tendangan bebas. Melalui skema umpan silang, Jassem Gaber menyundul bola ke arah yang tidak dapat dijangkau oleh Leo Kokubo. Qatar unggul 2-1.

Jepang terus mendominasi pertandingan dengan menguasai 60% penguasaan bola. Namun, barisan pertahanan Qatar yang membentuk garis pertahanan rendah membuat kesulitan Mao Hosoya dan kawan-kawan memperoleh gol penyama kedudukan.

Baru pada menit ke-67, melalui tendangan sudut sepakan Seiji Kimura di dalam kotak penalti tidak mampu dijangkau oleh Ali Nader Mahmoud. Skor imbang 2-2.

Baca juga : Shin Tae-yong Kecam Kinerja Wasit di Piala Asia U-23 Antara Qatar dan Indonesia

Bermain terus menekan pertahanan Qatar, Jepang tidak kunjung memperoleh gol penentu kemenangan. Usai peluit babak kedua ditiup, pertandingan dilanjutkan dalam babak tambahan.

Memulai babak perpanjangan waktu pertama, Samurai Muda terus membombardir Qatar. 

Memanfaatkan umpan dari Ryotaro Araki, Mao Hosoya, yang terbebas dari penjagaan, melepaskan sepakan yang membuat kedudukan berubah 3-2 untuk keunggulan Jepang.

Baca juga : Dua Pemain Diganjar Kartu Merah, Indonesia Menyerah dari Qatar di Laga Pembuka Piala Asia U-23

Di penghujung babak perpanjangan waktu pertama, tepatnya di menit ke-113, melalui skema tendangan sudut sepakan Sota Kawasaki yang terbebas dari penjagaan masih mampu dihalau lini belakang Qatar. Namun, Kotaro Uchino yang memperoleh bola liar melepaskan sepakan untuk membawa Jepang unggul 4-2.

Di perpanjangan waktu babak kedua, kedua tim bermain lebih aman. Jepang kerap menggagalkan proses serangan Qatar di lini tengah.

Hingga peluit panjang ditiup, Jepang unggul 4-2 atas Qatar dan mengamankan tiket ke babak semifinal. Jepang kini tengah menunggu lawan di babak semifinal, antara Irak atau Vietnam yang akan melangsungkan pertandingan babak perempat final Piala Asia U-23 pada Jumat (26/4) malam WIB. (Ant/Z-1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat