visitaaponce.com

Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di Semifinal, Timnas U-23 Sangat Luar Biasa

Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di Semifinal, Timnas U-23 Sangat Luar Biasa
Timnas Indonesia berhasil membungkam Korea Selatan mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024(Dok PSSI)

PENGAMAT sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo mengapresiasi prestasi Timnas Indonesia U23 di ajang AFC U23 Qatar 2024.

Kesit menyebutkan bahwa Uzbekistan U23 merupakan lawan yang berat bagi Garuda Muda. Karena, Uzbekistan U23 mencatatkan nilai sempurna dan sama sekali belum kebobolan di kompetisi ini.

Walaupun begitu, Kesit menyebutkan kegemilangan Uzbekistan U23 bukan berarti tak dapat dikalahkan oleh timnas Indonesia.

Baca juga : Indonesia vs Uzbekistan, Berikut Susunan Pemain Kedua Tim

"Apalagi setelah sukses menyingkirkan Korsel. Keberhasilan Indonesia menaklukkan Korsel makin menguatkan pesan bahwa Indonesia bukan lagi tim sembarangan. Peluang menang tetap terbuka," kata Kesit saat dihubungi (29/4).

Kekuatan skuad Garuda Muda menjadi jaminan bahwa mereka dapat menyulitkan Uzbekistan U23. Walaupun, Uzbekistan juga memiliki rekor pernah menjadi juara dan Runner-up di AFC U23.

Apalagi, Kesit menggambarkan bahwa mental Garuda Muda saat ini terlihat cukup menjanjikan. Sehingga peluang bisa menangani perlawanan Uzbekistan U23 pun masih sangat terbuka.

Baca juga : Timnas Indonesia tak Lagi Inferior Hadapi Tim Besar Asia

"Mental bertanding para pemain Indonesia terus memperlihatkan trend sangat positif. Mereka tampak menikmati pertandingan. Ini modal penting buat Indonesia sehingga fighting spiritnya di lapangan jelas terekam," tutur Kesit.

Adapun hal yang perlu diwaspadai dari permainan Uzbekistan U23, lanjut dia, ialah skema serangan balik yang dapat membahayakan Garuda.

"Dari pertandingan terakhir lawan Korea masih terlihat tim kita masih terlambat mengantisipasinya karena keasyikan menyerang. Transisi dari menyerang ke bertahan harus berjalan baik," beber Kesit.

Baca juga : Piala Asia U-23: Indonesia Tantang Uzbekistan di Semifinal

Terlepas dari menang atau kalah dalam pertandingan itu, Kesit menegaskan bahwa Garuda Muda telah tampil membanggakan dengan mengukir sejarah di AFC U23 sebagai debutan yang berhasil lolos hingga semifinal.

Bahkan, semakin dekat dengan peluang lolos Olimpiade Paris 2024 dan tidak menutup kemungkinan untuk bisa mengalahkan Uzbekistan U23 lolos hingga babak final.

"Indonesia U23 sudah mencatat sejarah. Utk pertama kalinya tampil di Piala Asia bisa langsung menembus semi-final. Ini sangat luar biasa," kata Kesit.

Perlu diketahui, Indonesia sebelumnya tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Indonesia lalu menghadapi Korea Selatan dan berhasil menang lewat adu pinalti dibabak quarterfinal.

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat