visitaaponce.com

Dua Momen Bersejarah VAR Perdana di Liga 1, Persib Tim Pertama Dapat Penalti

Dua Momen Bersejarah VAR Perdana di Liga 1, Persib Tim Pertama Dapat Penalti
wasit cwk monitor VAR(insagram Liga 1)

KOMPETISI Liga 1 musim 2023-2024 akhirnya resmi menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Momen bersejarah itu terjadi pada laga pertama semifinal Championship Series Liga 1 antara Bali United vs Persib Bandung di lapangan latihan Bali United, Selasa (14/5).

Fungsi VAR pertama kali terjadi saat wasit Heru Cahyono yang memimpin laga itu menentukan penalti setelah penyerang Persib Bandung David da Silva dilanggar lawan di kotak penalti pada ment ke-54. Heru Cahyono sempat tak langsung menunjuk titik penalti. 

Namun setelah mendapat masukan dari wasit VAR, dia kemudian memutuskan mengecek kejadian tersebut lewat monitor VAR yang berada di pinggir lapangan.

Baca juga : Laga Bali United Vs Persib Bandung Berakhir Imbang 1-1

Setelah menganalisis insiden itu melalui VAR, Heru memberikan penalti kepada Persib. Itu menjadi momen bersejarah,  untuk pertama kalinya VAR digunakan di Liga 1.

Namun, David da Silva yang mengambil sendiri penalti ini gagal menaklukkan kiper andalan Bali United, Adilson Maringa.

Pada menit ke-81, wasit Heru kembali mengecek VAR untuk melihat potensi kartu merah dari insiden yang melibatkan Jefferson dengan Nick Kuipers. Namun, Heru tidak memberikan kartu kepada Jefferson atau Nick.

Baca juga : Bali United Vs Persib: Serdadu Tridatu Tetap Percaya Diri Meski Tanpa Suporter

DI laga itu, tuan rumah baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-83 berkat sundulan keras Jefferson. Striker asal Brasil itu memanfaatkan bola rebound dari tembakan Jajang Mulyana yang lebih dulu membentur tiang gawang.

Tetapi, Persib mampu menyamakan skor lewat sundulan David da Silva di akhir babak pada menit ke-90+9. 

Hasil imbang 1-1 ini membuat peluang kedua tim untuk lolos ke final masih terbuka. Peluang itu akan ditentukan di leg kedua di markas Persib pada akhir pekan nanti.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra mengatakan VAR dihadirkan untuk pertama kalinya di Championship Series Liga 1 2023-2024. Teknologi ini bisa meningkatkan keakuratan dan transparansi dalam pengambilan keputusan di lapangan, sehingga tercipta rasa keadilan dan sportifitas yang lebih tinggi dalam pertandingan.

"Penggunaan VAR merupakan langkah maju bagi sepak bola Indonesia," kata Asep Saputra dikutip dar laman resmi PT. LIB. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat