visitaaponce.com

Pekan Terakhir Liga Inggris Penentuan Juara antara Manchester City dan Arsenal

Pekan Terakhir Liga Inggris: Penentuan Juara antara Manchester City dan Arsenal
Striker Arsenal asal Brasil #09 Gabriel Jesus (kiri) berebut bola dengan gelandang Manchester City Belgia #17 Kevin De Bruyne selama pertand(Darren Staples / AFP)

MANCHESTER City bersiap dinobatkan sebagai juara Liga Primer Inggris untuk musim keempat berturut-turut yang bersejarah. Syaratnya, the Citizens tak boleh kalah atau pun seri alias wajib menang di pekan terakhir.

City menjamu West Ham United pada pekan terakir liga di Stadion Etihad, Minggu (19/5) malam.

Secara serentak laga-laga lainnya juga berlangsung dengam pesaing terdekat Arsenal menjamu Everton di Stadion Emirates.

Baca juga : Ange Postecoglou Kecewa dengan Pendukung Tottenham Hotspur

Secara matematis, City yang mengoleksi 88 poin selisih dua angka dari Arsenal wajib menang.

Skuad asuhan Pep Guardiola masih bisa juara sepanjang Arsenal tidak meraih hasil yang lebih baik ketika menghadapi Everton.

Sementara itu, Arsenal wajib menang jika ingin menjaga asa sambil berharap City tergelincir.

Baca juga : Juara Liga Primer Inggris akan Ditentukan di Laga Pekan Terakhir

The Gunners tak punya banyak opsi dan hanya kemenangan yang menjaga impian mereka meski tipis peluangnya untuk keluar sebagai juara.

Laga nanti untuk kesekian kalinya City melalui drama penentuan juara hingga pekan terakhir. City selalu punya catatan manis ketika harus bertarung di pertandingan terakhir.

"Kami membawanya ke pertandingan terakhir di depan fans kami, itu penting. Saya pikir Anda harus menghadapinya di setiap pertandingan," kata kapten City Kyle Walker dilansir laman resmi klub.

Baca juga : Ange Postecoglou Tegaskan Pendukung Asli Pasti Ingin Tottenham Hotspurs Kalahkan Manchester City

Yang paling dikenang ketika mereka mencicipi trofi perdana pada 2012 saat mengalahkan Queens Park Rangers (QPR) dengan dramatis di laga terakhir.

Sepuluh tahun kemudian atau 2022 lalu, the Citizens juga keluar sebagai juara dengan lagi-lagi menang secara dramatis atas Aston Villa.

"Kami tahu bagaimana segala sesuatunya bisa berubah dalam sepak bola. Pengalaman melawan Aston Villa (pada 2022) tertinggal dua nol sambil berpikir ya ampun, apa yang terjadi di sini?," imbuhya.

Baca juga : Update Liga Primer : Juara Musim ini Ditentukan di Laga Terakhir

“Ini belum selesai. Kami masih mempunyai satu pertandingan lagi dan satu pertandingan lagi yang harus dimenangkan dan saya akan memastikan para pemain fokus penuh menjelang pertandingan itu. Semoga kami bisa meraih kemenangan," ujar Walker.

Dari lima pertemuan terakhir City dan West Ham, the Citizens lebih perkasa dengan empat kemenangan dan satu hasil imbang.

Hanya saja, City tidak akan diperkuat kiper utama Ederson yang akan digantikan dengan Stefan Ortega. Ederson akan melewatkan dua pertandingan terakhir musim ini karena mengalami fraktur kecil pada rongga matanya ketika laga melawan Tottenham Hotspur.

Cedera tersebut membuat Ederson tidak bisa bermain lagi di sisa pertandingan musim 2023/2024 termasuk final Piala FA melawan Manchester United.

Sementara itu, Arsenal dalam misi berjuang melawan kemustahilan. Menurut kalkulasi Opta Analyst, peluang Arsenal untuk juara hanya tersisa 15,7% sedangkan City memiliki kans 84,3%.

Dalam lima pertemuan terakhir dengan Everton di liga, Arsenal memiliki modal tiga kemenangan dan dua kali kalah. Sebab itu, pelatih Mikel Arteta yang juga eks pemain Everton menyadari betul the Toffees tak bisa dianggap enteng.

"Kami melakukan persiapan normal, seperti setiap minggunya untuk mencoba berada di tempat terbaik untuk bersaing dan mencoba mengalahkan Everton dan kemudian menjalani kesempatan (persaingan gelar) juga," kata Arteta. (Dhk)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat