visitaaponce.com

Leeds United vs Southampton, The Saints Raih Promosi ke Liga Primer Inggris

Leeds United vs Southampton, The Saints Raih Promosi ke Liga Primer Inggris
Para pemain Southampton merayakan keberhasilan mereka meraih promosi ke Liga Primer Inggris.(X @SouthamptonFC)

SOUTHAMPTON meraih promosi ke Liga Primer Inggris setelah setahun bermain di Divisi Championship ketika gol tunggal Adam Armstrong memastikan the Saints menang 1-0 atas Leeds United di final playoff Divisi Championship, Minggu (26/5).

Gol Armstrong di babak pertama laga di Stadion Wembley memastikan Southampton menghapuskan duka terdegradasi dari Liga Primer Inggris pada musim lalu.

Kemenangan di laga playoff itu membuat Southampton mendapat suntikan dana sebesar sekitar 140 juta pound sterling seiring meningkatkan pemasukan dari bayaran laga, hak siar, dan pemasukan komersial bagi klub yang meraih promosi ke Liga Primer Inggris.

Baca juga : Leicester City Raih Promosi ke Liga Primer Inggris

Lembaga keuangan Deloitte menyebut Southampton berpeluang mendapatkan dana sebesar 305 juta pound sterling jika mereka terhindar dari degradasi pada musim depan.

Dengan dana besar tersebut, kesempatan bertanding dengan Liverpool dan Manchester City pastinya jauh lebih menarik ketimbang harus berhadapan dengan Plymouth dan Oxford pada musim depan.

Southampton, yang satu-satunya gelar mereka adalah Piala FA 1976, sebelumnya malang melintang di Liga Primer Inggris selama 11 tahun sebelum terdegradasi pada musim lalu.

Baca juga : Ini Daftar Pemain yang Berpeluang Bertahan di Liga Primer Inggris Meski Klub Mereka Terdegradasi

Mereka pastinya berharap keberhasilan meraih promosi di hadapan lebih dari 35 ribu pendukung mereka akan bertahan lama.

Berkat kemenangan di laga playoff pertama mereka sepanjang masa, Southampton berarti sukses tiga kali menang atas Leeds pada musim ini meski mereka tertinggal dari klub yang bermarkas di Elland Road itu di klasemen Divisi Championship

Pelatih Southampton Russell Martin dipuji karena gaya permainannya dan promosi ke Liga Primer Inggris ini merupakan puncak dari karier pelatih berusia 38 tahun itu.

Baca juga : Leeds Menang di Markas Southampton

Martin, yang tiga tahun lalu menukangi klub League One Milton Keynes Dons, sukses mentransformasi Southampton di musim pertamanya menjadi tim dengan penguasaan bola terbanyak dibandingkan tim di lima liga teratas Eropa pada musim ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada dewan Southampton karena saya bukanlah nama besar. Saya finis ke-10 bersama Swansea namun saya memiliki cara kerja yang jelas di MK Dons dan mereka mempercayai saya," ujar Martin.

"Kemenangan ini menjadi pembenaran pilihan mereka. Karenanya, saya merasa emosional."

Baca juga : Gagal Promosi ke Liga Primer Inggris, Hull City Pecat Pelatih

"Tim ini sangat pemberani. Saya sangat bangga dengan mereka. Mereka layak mendapatkan ini," lanjutnya.

Meraih promosi dengan mengalahkan Leeds yang ditukangi Daniel Farke merupakan momen indah bagi Martin yang dipecat pelatih Jerman itu saat dia menjadi asistennya di Norwich City pada 2018.

Bagi Leeds, ini merupakan kekalahan keempat mereka di laga playoff Divisi Championship

Setelah gagal meraih tiket promosi otomatis dari Divisi Championship, juara tiga kali Liga Inggris itu masih gagal menang di Wembley sejak 1992. (eurosport/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat