visitaaponce.com

Olympiakos Cetak Sejarah Jadi Tim Yunani Pertama Raih Gelar Eropa

Olympiakos Cetak Sejarah Jadi Tim Yunani Pertama Raih Gelar Eropa
Para pemain Olympiakos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Fiorentina di laga final Liga Konferensi UEFA.(AFP)

OLYMPIAKOS menjadi tim Yunani pertama yang menjuarai kompetisi antarklub Eropa dengan keluar sebagai kampiun Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Olympiakos menang tipis 1-0 pada laga final melawan Fiorentina di Stadion Agia Sophia, Athena, Kamis (30/5).

Satu-satunya gol kemenangan Olympiakos dicetak Ayoub El Kaabi di babak perpanjangan waktu. Kemenangan itu menjadi trofi besar Eropa pertama bagi Olympiakos di kancah Eropa.

Sang pelatih Jose Luis Mendilibar sukses membuktikan tuahnya. Mendilibar membawa Sevilla menjuarai Liga Europa musim lalu setelah hanya bertugas selama beberapa bulan. Kini, dia menjadi pembuat keajaiban di Athena.

Baca juga : Olympiacos vs Fiorentina, Thrylos Juarai Liga Konferensi UEFA

Pasalnya, Olympiakos sepanjang musim ini dalam turbulensi tiga kali berganti pelatih. Mandilibar menjadi pelatih ketiga Olympiakos musim ini ketika dia mengambil alih tim tiga bulan lalu.

Pelatih sebelumnya Diego Martinez dipecat setelah hanya lima bulan memimpin sedangkan pelatih Carlos Carvalhal hanya bertahan 11 pertandingan.

“Saya sangat senang kami mencapai sesuatu yang belum pernah dicapai klub sebelumnya. Kami akan merayakannya, kami akan bersorak dan kemudian kami akan kembali bekerja untuk apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Mendilibar dilansir Sky Sports.

Baca juga : John McGinn Minta Maaf Usai Aston Villa Gagal ke Final Liga Konferensi UEFA

Pertandingan sarat intensitas dan fisik tinggi namun rendah kualitas penyelesaian di depan gawang. Kedua tim tidak bisa mencetak gol selama 90 menit sebelum El Kaabi mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-116.

Saat pertandingan tampaknya akan menuju adu penalti, El Kaabi berhasil menyambut umpan silang Santiago Hezze untuk mencetak gol. Namun para pemain dan penggemar harus menunggu lama dan gugup hingga VAR memeriksa potensi offside sebelum gol ditetapkan.

Bagi Fiorentina, hasil tersebut menandai kekalahan kedua berturut-turut di final Liga Konferensi Europa yang mencapai pertandingan puncak musim ini tanpa kehilangan satu pertandingan pun.

Baca juga : Olympiakos vs Aston Villa, Thrylos Melaju ke Final Liga Konferensi UEFA

Fiorentina tidak beruntung itu di awal pertandingan. Tim Italia itu sempat mengira mereka telah memecahkan kebuntuan saat pertandingan baru berjalan 10 menit ketika bek Nikola Milenkovic mencetak gol namun dianulir karena offside.

Nicolas Gonzalez melakukan kesalahan ketika mendapat peluang bagus untuk Fiorentina menjelang akhir babak pertama. Fiorentina menciptakan lebih banyak peluang namun selalu gagal.

(Dhk)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat