visitaaponce.com

PSSI Pastikan PT LIB sudah Sinkronisasi Jadwal Liga dengan Timnas

PSSI Pastikan PT LIB sudah Sinkronisasi Jadwal Liga dengan Timnas
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.(MI/SUSANTO)

KETUA Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga Indonesia sudah menyinkronkan jadwal kompetisi dalam negeri dengan jadwal timnas.

"Alhamdulillah setelah diskusi panjang, mapping berkali-kali, liga bersama PSSI, dan di sini hadir juga Badan Tim Nasional, untuk memastikan bahwa kalender tiga tahun ke depan, sekarang sudah tidak ada perubahan lagi. Di mana ada slot untuk liga yang kita hormati, tetapi ada slot untuk timnas," kata Erick seperti dilansir dari Antara, Kamis (20/6).

Dalam praktiknya, Erick mengatakan bahwa Liga Indonesia memungkinkan untuk dihentikan atau diliburkan saat tim nasional mengikuti suatu kompetisi. Demikian pula sebaliknya, liga dapat tetap bergulir meski timnas sedang bertanding.

Baca juga : Laga Kontra Filipina Jadi Penentu Nasib Indonesia

"Dan tentu kita juga sudah melihat bagaimana target. SEA Games, itu liga berhenti, AFF tidak berhenti. Ya ini ada semua tentu perhitungan semua, tidak berarti kita melihat sebelah mata AFF, tapi konsekuensinya Liga harus jalan, AFF harus jalan, apalagi sekarang ada kejuaraan AFF dan AFC untuk klub," tambah sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Terkait penjenjangan timnas, Erick menyebut bahwa Badan Tim Nasional (BTN) sudah memiliki komitmen untuk terus meregenerasi timnas.

"Memang tidak mungkin pemain kita akan bermain 365 hari, pemain pasti ada tentu jedanya. Dan di sinilah kenapa BTN sudah punya komitmen melalui tentu pelatih dan manajernya, kita akan memberikan kesempatan regenerasi timnas kita. Ya apa yang mungkin besok bisa dilihat seperti apa. Mungkin juga U-20, bahkan nanti persiapan buat SEA Games dan lain-lain," pungkas Erick.

Pada 2024, timnas Indonesia menghadapi jadwal padat sampai akhir tahun. Timnas senior akan memainkan pertandingan-pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara September sampai November. Kemudian timnas senior juga akan tampil di Piala AFF 2024 yang berlangsung pada November sampai Desember tahun ini.

Sedangkan untuk timnas U-20, mereka akan bertanding di Piala AFF U-19 2024 yang berlangsung di Surabaya pada Juli. Timnas U-20 juga akan mengikuti kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang berlangsung pada September. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat