visitaaponce.com

Liga 1 Musim 2024-2025 Tetap Gunakan Wasit Asing

Liga 1 Musim 2024-2025 Tetap Gunakan Wasit Asing
Ilustrasi wasit asing.(ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO )

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga Indonesia memastikan tetap menggunakan wasit asing di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024-2025.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menjelaskan bahwa wasit asing yang akan menjadi pengadil di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia tersebut mempunyai strata yang sama dengan wasit pada musim sebelumnya.

"Oh, stratanya sama seperti kemarin. Ada dari Jepang sama ada dari luar Jepang," kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus seperti dilansir dari Antara, Kamis (20/6).

Baca juga : PSSI Akui Wasit Indonesia belum Siap Gunakan VAR

Selain bakal tetap menggunakan wasit asing, Liga 1 2024-2025 juga dipastikan akan menggunakan teknologi video assistant referee (VAR) yang telah digunakan pada babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Liga 1 2024-2025 kembali menggunakan format kompetisi liga. PT LIB selaku operator Liga Indonesia menguraikan bahwa tidak digunakannya format Championship Series seperti musim 2023-2024 dikarenakan format tersebut memerlukan jangka waktu yang lama untuk menyelesaikan satu musim kompetisi sehingga tidak sinkron dengan kalender dari tim nasional Indonesia.

Ferry menegaskan bahwa format Championship Series Liga 1 bukan tidak bagus untuk dijadikan sistem kompetisi, namun ditinjau dari segi efisiensi waktu yang memang tidak mencukupi untuk bisa berkesinambungan dengan kalender tim nasional Garuda.

Baca juga : Februari 2024, Teknologi VAR Digunakan di Liga Indonesia

Oleh sebab itu, PSSI dan PT LIB memutuskan untuk kembali menggunakan format liga dalam sistem kompetisi Liga 1 musim depan.

"Jadi bukan tidak bagus Championship Series. Championship Series ini sebetulnya animonya besar dari sisi produk tapi kebutuhan waktunya yang tidak mencukupi sehingga mau tidak mau kita harus balik ke sistem kompetisi liga yang penuh," kata Ferry.

Pertandingan antara juara bertahan Persib Bandung melawan jawara Liga 2 2023-2024 PSBS Biak menjadi laga pembuka Liga Indonesia atau Liga 1 musim 2024-2025. Duel yang mempertemukan jawara dari dua kasta liga sepak bola Indonesia musim lalu tersebut akan berlangsung di Bandung pada 9 Agustus. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat