visitaaponce.com

Thiago Alcantara Putuskan Gantung Sepatu

Thiago Alcantara Putuskan Gantung Sepatu
Thiago Alcantara(AFP/Paul ELLIS)

THIAGO Alcantara telah memutuskan pensiun sebagai pesepak bola profesional. Menurut keterangan pakar bursa transfer, Fabrizio Romano, Thiago bakal gantung sepatu dan memulai bab baru dalam dunia sepak bola.

"Eksklusif: Thiago Alcantara telah memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola profesional. Keputusan itu sudah diambil Thiago yang merupakan mantan penggawa Barca, Bayern, Liverpool, dan timnas Spanyol," kata Romano di X, dikutip Selasa (9/7).

"Namun, kecintaan Thiago terhadap sepak bola tetap berlanjut karena dirinya telah siap memulai bab baru seperti yang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya," lanjutnya.

Baca juga : Thiago Alcantara Putuskan Tinggalkan Liverpool

Seperti dilansir 90min.com, pemain berusia 33 tahun itu belum memiliki klub lagi setelah kontraknya bersama Liverpool habis , akhir Juni lalu. Dia sempat dikabarkan menjadi target utama klub-klub di Saudi Pro League.

Thiago memutuskan pensiun setelah melakoni 488 pertandingan di level klub (senior) dan 46 laga untuk timnas Spanyol. Di pengujung kariernya sebagai salah satu gelandang terbaik dunia, Thiago memang kerap dilanda cedera dan memiliki masalah kebugaran.

Thiago merupakan putra mantan pemain timnas Brasil Mazinho. Dia lahir di Italia dan sempat tumbuh besar di tanah kelahiran ayahnya. Setelah itu, Thiago pindah ke Spanyol karena ayahnya meniti karier di sana. 

Baca juga : Thiago Alcantara Diprediksi Akhiri Karier di Liverpool Lebih Cepat

Selama berada di Spanyol, Thiago sudah bergabung dengan tim muda Barcelona (2005) dan melakoni debut tim utama ketika El Barca dilatih Pep Guardiola (2009). 

Thiago dikenal dengan kemampuan mendribel dan mengumpan yang luar biasa. Dia kerap dibandingkan dengan Andres Iniesta sebagai gelandang masa depan Blaugrana.

Meski demikian, Thiago memilih meninggalkan Barcelona untuk bergabung kembali dengan Guardiola di Bayern Muenchen pada 2013. Setelah memiliki karier cemerlang selama tujuh tahun di Jerman, di bergabung dengan Liverpool dan bekerja sama dengan pelatih Juergen Klopp.

Dalam kurun waktu tersebut, Thiago juga sempat membela timnas Spanyol di tiga turnamen besar, tapi tidak menjuarai apa pun di level internasional. Namun, Thiago tercatat pernah ikut menyabet 27 trofi di sepanjang karier bersama klub yang dia bela.

Sayangnya, musim terakhir Thiago sebagai pesepak bola profesional cukup menyedihkan. Dia hanya tampil selama lima menit dari bangku cadangan saat Liverpool kalah 1-3 dari Arsenal. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat