visitaaponce.com

Perkuat Kualitas Talenta Digital, Binus University Gandeng HashMicro

Perkuat Kualitas Talenta Digital, Binus University Gandeng HashMicro
Program pembelajaran 3+1 Binus University mewajibkan mahasiswa untuk memiliki pengalaman kerja nyata selama satu tahun.(DOK Pribadi.)

HASHMICRO semakin memperkuat posisinya di bidang teknologi ERP melalui kerja sama terbarunya dengan Bina Nusantara (Binus) University yang berfokus pada pengembangan talenta digital di Indonesia. HashMicro merupakan perusahaan penyedia software Enterprise Resource Planning (ERP) yang berdiri pada 2015 dan menjadi pemain kunci pada industri ERP di kawasan Asia-Pasifik. 

"Kolaborasi jangka panjang antara HashMicro dan Binus University terjalin sebagai bentuk komitmen kami dalam meningkatkan ketersediaan SDM nasional yang memiliki pengetahuan komprehensif pada bidang teknologi digital," tegas Lusiana selaku Business Development Director HashMicro. Sejak 2020 HashMicro membuat program yang bernama HashMicro Academy yang secara aktif menjalin kemitraan dengan sejumlah universitas ternama lain di Indonesia sebagai bentuk komitmen dan kesungguhannya dalam mempersiapkan keterampilan digital generasi penerus bangsa. 

Kolaborasi antara HashMicro dan Binus University berjalan secara efektif sejak Februari 2022. Bentuk kegiatan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak meliputi knowledge sharing, internship program, campus hiring, penelitian, education sponsorship, serta course collaborations yang menjadi andalan. Secara bertahap, bentuk kegiatan kerja sama yang terjalin akan diimplementasikan di seluruh jurusan Binus University. 

Dalam kerja sama ini, HashMicro menyediakan sistem ERP sebagai bahan pembelajaran yang wajib mahasiswa Binus jalani. Dengan fasilitas software milik HashMicro, diharapkan mahasiswa dapat secara langsung belajar mengoperasikan sistem manajemen bisnis berbasis ERP yang umumnya perusahaan gunakan. Tentu ini kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk menambah kemampuan teknis mereka sebelum lulus dan mencari pekerjaan karena aplikasi ERP tidak bisa diperoleh dengan mudah.

Guna menunjang program kerja sama ini, beberapa waktu lalu tepatnya pada 18-21 April 2022, HashMicro dan Binus University mengadakan training session dengan para tenaga pengajar untuk mensosialisasikan penggunaan perangkat ERP yang berfungsi sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Melalui training session ini, diharapkan para dosen mampu menguasai cara pengoperasian sistem ERP sehingga mampu menyampaikan pengoperasian sistem ERP kepada mahasiswa. 

Dalam pertemuan kerja sama, Lecture Specialist Management Binus Business School (BBS) Undergraduate Program, Synthia Atas Sari, menyatakan pihaknya berharap mahasiswa dapat lebih mengenal praktik dalam implementasi teknologi 4.0 khususnya terkait pengoperasian software ERP. Dengan demikian, sebelum masa studi selesai, mereka paham cara menggunakan teknologi tersebut.

Program pembelajaran 3+1 Binus University mewajibkan mahasiswa untuk memiliki pengalaman kerja nyata selama satu tahun melalui jalur yang telah disediakan, salah satunya program magang. HashMicro sebagai mitra turut mendukung kegiatan pembelajaran tersebut dengan membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa Binus. Hingga saat ini, puluhan mahasiswa Binus menyelesaikan kegiatan magang di HashMicro setiap tahun.  

Baca juga: Jadi Terkenal, Penemu Lubang Hitam Baru Bima Sakti Ungkap Visinya

Selain kerja sama dalam bentuk persiapan memasuki dunia kerja, kolaborasi dalam bentuk riset oleh para dosen dan HashMicro dilaksanakan guna membuka peluang penemuan teknologi dan pengetahuan baru seputar ERP dan revolusi industri 4.0. "Kami berharap riset yang dilakukan dalam kerja sama dengan dosen Binus ini dapat meningkatkan relevansi produk kami terhadap kebutuhan bisnis dan perkembangan teknologi yang ada," tutur Lusiana.

HashMicro juga tak lupa memberikan pelatihan digital kepada para dosen sebagai upaya peningkatan kualitas belajar mengajar dengan praktisi yang go digital. Harapannya, dosen dapat mendampingi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan digital mereka. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat