visitaaponce.com

Menko Polhukam Pemerintah Serius Perkuat Keamanan PDNS

Menko Polhukam: Pemerintah Serius Perkuat Keamanan PDNS
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto.(MI/USMAN ISKANDAR)

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah serius untuk meningkatkan pengamanan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Pemerintah akan memastikan adanya pencandangan data atau back up. 

"Kita serius menangani permasalhanan PDNS di Surabaya. Kita tingkatkan (PDNS) agar memiliki kemampuan back up berganda, back up berlapis dengan pengamanan yang baik," kata Hadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024.

Selain untuk mengantisipasi serangan peretas, penguatan PDN berfungsi untuk menunjang kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat. Ia menyebut layanan masyarakat yang menggunakan digital sudah bisa beroperasi kembali. 

Baca juga : Ganti PDNS 2, Pemerintah Targetkan Layanan Publik Kembali Normal

"Per 1 Juli kemarin sudah berjalan normal," jelasnya.

Sebelumnya, Hadi mengungkap salah satu penyebab PDNS 2 diretas. Dari hasil forensik digital ada penggunaan kata sandi atau password yang terdeteksi dari salah satu user di PDNS yang berada di Surabaya.

Hadi juga meminta seluruh user atau pengguna PDN agar bijak dalam menggunakan password. Pemerintah akan mengawasi seluruh tenant melalui BSSN. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat