visitaaponce.com

Langkah-Langkah Merakit Komputer Sendiri

Langkah-Langkah Merakit Komputer Sendiri
Penyandang disabilitas tengah merakit komputer dalam pelatihan komputer bertajuk Teknologi Untuk Disabilitas.(MI/Panca Syurkani.)

JIKA ingin merakit komputer sendiri, kita perlu mengetahui langkah-langkahnya. Oh iya, sebelum itu kita mesti memahami persiapan sebelum merakit komputer yang sudah dipaparkan dalam tulisan sebelumnya. 

Nah, berikut langkah-langkah dalam proses perakitan komputer. Ini dilansir dari buku pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk SMK/MAK Kelas X dengan penulis Hanifah Wijayanti dan Penerbit CV Putra Nugraha.

Memasang prosesor ke motherboard

Sebelum motherboard dipasang ke casing, terlebih dahulu memasang prosesor karena akan lebih mudah cara memasangnya. Berikut cara memasang prosesor ke motherboard.

a. Kita tentukan dulu posisi pin 1 pada prosesor dan socket prosesor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan tanda titik atau lakukan.

Baca juga: Enam Komponen Fisik Komputer Pribadi

b. Angkat tuas pengunci socket ke atas supaya terbuka.

c. Sesuaikan posisi kaki prosesor dengan lubang socket, kemudian tekan prosesor ke dalam soket sampai rapat.

d. Kunci kembali dengan tuas pengunci.

Memasang heatsink dan kipas

Untuk memasang heatsink dan kipas pada motherboard ikuti langkah-langkah berikut.

a. Pasangkan heatsink dan kipas pendingin di atas prosesor. Saat memasangnya harus ditekan secara diagonal atau menyilang.

Baca juga: Kenali Sistem Warna Komputer, Aplikasi dan Modelnya 

b. Pasanglah konektor kipas pada socket yang sudah ada. Usahakan agar kabel kipas tidak terlalu dekat dengan socket, tetapi juga jangan terlalu jauh dari socket.

Memasang motherboard pada casing

Motherboard dipasang ke casing dengan sekrup dan dudukan. Untuk memasang motherboard pada casing, ikuti langkah-langkah berikut.

a. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam atau metal spacer ditandai dengan cincin pada tepi lubang.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Persiapan Merakit Komputer Sendiri

b. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.

c. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekrup pengunci pada setiap dudukan logam.

d. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.

e. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekrup.

Memasang RAM atau memori

Cara memasang RAM atau memori yaitu buka dahulu tuas penguncinya lalu sesuaikan pin memori dengan slot yang ada di komputer. Setelah benar-benar pas, tinggal tekan memori sampai penguncinya menutup sendiri.

Memasang power supply

Power supply merupakan alat yang menyuplai tenaga listrik bagi semua komponen dalam unit sistem komputer. Biasanya kalau kita membeli casing pasti power supply sudah terpasang. Namun bila power supply belum terpasang cara memasangnya sebagai berikut.

a. Letakkan power supply dengan posisi yang benar pada tempatnya yang ada di belakang casing lalu kunci dengan sekrup.

b. Pasang konektor power dan power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya. Pemasangan kabel konektor dari power supply di akhir proses perakitan.

Memasang kabel motherboard dan casing

Casing merupakan kotak atau tempat terletaknya prosesor atau CPU, motherboard, dan peranti lain. Untuk memasang kabel motherboard dan casing, ikuti langkah-langkah berikut.

a. Pasang kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.

b. Untuk motherboard non-ATX, pasang kabel port serial dan paralel pada konektor di motherboard.

c. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis nonslot. Buka sekrup pengunci pelat tertutup lubang port kemudian masukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekrup kembali.

d. Hubungkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.

e. Hubungkan kabel konektor yang lain seperti LED, speaker internal, dan port yang tersedia di casing komputer.

f. Untuk proses ini lakukan dengan sangat hati hati dan teliti. Jangan sampai terjadi kesalahan pada waktu proses pemasangan kabel kabel ini.

Memasang drive

Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM, atau DVD-ROM, caranya sebagai berikut.

a. Masukkan drive dari depan casing.

b. Atur dahulu konfigurasi jumper sebagai master atau slave pada drive lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.

c. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard. Konektor primer yang dipakai lebih dahulu.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Persiapan Merakit Komputer Sendiri

d. Apabila kabel IDE terhubung pada dua drive, setting jumpernya atau drive pertama di setting sebagai masker dan satunya lagi sebagai slave.

e. Konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.

g. Sambungan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

Memasang kartu adapter

Untuk kartu adapter yang biasa dipasang adalah source, video card, modem, dan SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu masukkan card adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.

Tahap akhir perakitan komputer

Apabila semua langkah perakitan komputer selesai, selanjutnya tutup dengan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard, dan konektor mouse ke port mouse.

Pengujian hasil perakitan komputer

Pada saat pertama kali dinyalakan, komputer akan mengalami tiga proses yang disebut booting. Ketiga proses tersebut yaitu CPU reset, power on self test (POST), dan disk boot. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat