visitaaponce.com

Pengertian Kewirausahaan dan Karakteristik

Pengertian Kewirausahaan dan Karakteristik
Sejumlah penjahit menyelesaikan proses produksi celana di Konveksi Aka, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022).(Antara/Fakhri Hermansyah.)

KEWIRAUSAHAAN (entrepreneurship) merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian, dan pengambilan risiko dari suatu usaha bisnis. Seorang wirausahawan ialah seorang yang terlibat dalam kewirausahaan. 

Wirausaha merupakan suatu proses atau cara melakukan suatu usaha yang bertujuan mendapatkan hasil atau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi, menjual, atau menyewakan suatu produk barang atau jasa. Pada dasarnya jika kita menjadi seorang wirausaha harus mampu menanggung risiko dari suatu hal yang kita jalankan.

Banyak pengertian tentang kewirausahaan dari sejumlah ahli. Berikut keterangan para pakar yang dikuti dari buku pendamping Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk SMK/MAK bidang keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas XI, penulis Priyo Candra Pratama, dan penerbit Swadaya Murni.

Pengertian kewirausahaan

Secara etimologis, kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira memiliki arti pahlawan, pejuang, teladan, manusia unggul, berani, berwatak agung, dan gagah. Adapun usaha memiliki arti bekerja, berbuat sesuatu, perbuatan amal. Dengan demikian, wirausaha dapat diartikan pejuang atau pahlawan yang melakukan atau berbuat sesuatu.

Berikut pengertian kewirausahaan, menurut para ahli.

1. Soeparman Soemahamidjaja. 

Kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat, kiat, dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

2. S Wijandi.

Kewirausahaan ialah suatu sifat keberanian dan keutamaan dalam keteladanan mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

3. Thomas W Zimmerer.

Kewirausahaan ialah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

4. Raymond.

Wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif, dan mampu mewujudkan kreativitasnya agar meningkatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

5. Peter F Drucker.

Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

6. Robbin & Coulter.

Kewirausahaan adalah proses mencari peluang dan menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif secara terencana dan terorganisasi. Usaha yang diciptakan memiliki tujuan memenuhi kebutuhan banyak orang. Bagi pebisnis awal tidak akan memikirkan mengenai sumber daya terlebih dahulu selama pada tahap awal ia bisa mengerjakannya sendiri. 

Karakteristik kewirausahaan

A. Ciri umum kewirausahaan.

1. Punya kreativitas yang tinggi.
2. Punya motif berprestasi yang tinggi.
3. Punya sifat inovasi yang tinggi.
4. Punya perspektif ke depan.
5. Punya tanggung jawab yang baik.
6. Punya komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan.
7. Punya keberanian dalam menghadapi berbagai risiko.
8. Punya sifat mandiri atau tidak tergantung pada orang lain.
9. Selalu mencari berbagai peluang.
10. Punya kemampuan personal.
11. Punya kemampuan manajerial.
12. Punya jiwa kepemimpinan yang kuat.

Baca juga: Jenis, Manfaat, dan Sumber Pendanaan Kewirausahaan

B. Sifat-sifat seorang wirausaha.

1. Punya sifat mandiri, optimis, dan individualitas.
2. Punya kemampuan dalam mengambil risiko dan suka terhadap hal yang baru serta tantangan.
3. Selalu berusaha berprestasi, berorientasi pada keuntungan, punya ketabahan dan ketekunan, punya tekad yang kuat, bekerja dengan keras, punya inisiatif, dan selalu energik.
4. Punya inovasi dan kreativitas yang tinggi, fleksibel, serta memiliki jaringan bisnis yang luas.
5. Punya pola pandang dan persepsi yang berorientasi pada masa depan.
6. Mampu bertingkah laku sebagai pemimpin atau leadership, mampu bergaul dengan berbagai orang, dan suka terhadap kritik, dan saran yang membangun.
7. Punya keyakinan jika hidup itu sama dengan kerja keras.

C. Sikap wirausaha.

1. Disiplin.
2. Komitmen tinggi.
3. Jujur.
4. Kreatif dan inovatif.
5. Mandiri.
6. Realistis. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat