visitaaponce.com

UMKM Naik Kelas 2024 Targetkan Cetak 1000 Usaha Baru

UMKM Naik Kelas 2024 Targetkan Cetak 1000 Usaha Baru
UMKM naik kelas 2024 targetkan cetak 1000 usaha baru(Dok)

GUNA meningkatkan kemampuan dan kualitas UMKM di wilayahnya, Kabupaten Bekasi menggelar Pembukaan UMKM Naik Kelas 2024. Acara ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi Ida Farida, Rektor Universitas Pelita Bangsa, Hamzah , Penyusun Rencana Kemitraan Usaha Besar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Agustian, Koordinator Daerah Pendampingan UMKM Naik Kelas 2024 Kabupaten Bekasi Filda Rahmiati serta puluhan peserta yang hadir secara daring.

Pembukaan UMKM Naik Kelas 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang berlangsung selama delapan bulan, sejak bulan April hingga November 2024. Sebanyak 123 UMKM yang menjadi dampingan dari enam pendamping mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan dan pendampingan rutin bagi peserta dampingan, termasuk kunjungan lapangan dan pertemuan bulanan untuk membahas materi-materi yang relevan dengan pengembangan usaha.

Baca juga : Optimalkan UMKM, Plugo Bersinergi dengan Revolusi Lokal

Penyusun Rencana Kemitraan Usaha Besar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat,Agustian mengemukakan pola pendampingan ini lebih lama dan ekosistemnya lebih luas. 

"Contohnya, kolaborasi dengan Dinas Pariwisata untuk menjual produk UMKM di kawasan wisata," kata Agustian melalui keterangan yang diterima hari ini.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi, Ida Farida menambahkan sebanyak 100-150 UMKM telah mengikuti kegiatan ini, dan diharapkan dapat meningkatkan level usaha mereka.

Baca juga : Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Selain itu, di bulan Agustus akan diadakan ulang tahun UMKM, serta pertemuan pembeli.

"Tahun ini, target mencapai 1000 usaha baru yang akan dialihkan ke Dinas Perindustrian untuk lebih lanjut, dengan harapan dapat meningkatkan ekspor ke luar negeri," kata Ida Farida.

Dengan demikian, lanjut Ida, Pembukaan UMKM Naik Kelas 2024 ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan dan kualitas UMKM di Kabupaten Bekasi, serta meningkatkan potensi ekspor

Target untuk tahun 2024 menciptakan seribu wirausaha pemula atau wirausaha baru. Kemudian ditindaklanjuti dari korda untuk menjadi UMKM naik kelas untuk mendapatkan pendampingan secara intens  dan dipertemukan dengan buyer, kemudian juga marketingnya, retail-retail besar.

Sehingga mereka menjadi UMKM yang lebih mandiri, pola pembinaan ketika sudah tahapan melompat ke ekspor, itu nanti dinas perdagangan dan perindustrian akan bersama-sama dimana di hulu nya dari dinas koperasi UMKM.

Koordinator Daerah Pendampingan UMKM Naik Kelas 2024 Kabupaten Bekasi yang juga dosen Ptodi Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Presiden Filda Rahmiati, Ph.D berharap pendampingan ini dapat menciptakan para UMKM baru yang lebih inovatif, kreatif, dan dapat mencapai pasar global di pangsa pasar yang kompetitif. (Z-8)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat