visitaaponce.com

Optimalkan UMKM, Plugo Bersinergi dengan Revolusi Lokal

Optimalkan UMKM, Plugo Bersinergi dengan Revolusi Lokal
Plugo ialah platform manajemen toko online all in one yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis online dan offline.(Dok Plugo.)

PLUGO resmi memulai kolaborasi strategis pertamanya bersama Revolusi Lokal sebagai langkah penting untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di Indonesia.

Direktur PT Plugo Teknologi Indonesia Izki Aldrin Iswarna mengatakan kerja sama ini untuk mengoptimalkan lanskap bisnis lokal. Dengan potensi besar brand lokal atau UMKM lokal di Indonesia, Plugo bersama Revolusi Lokal berkomitmen meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka.

“Potensi UMKM lokal di Indonesia ini begitu besar, tapi sayang belum maksimal dan masih sulit bersaing di pasar domestik dan internasional. Bahkan di Indonesia sendiri, masih banyak masyarakat skeptis dengan produk asli lokal. Maka itu, sebagai bentuk dukungan Plugo untuk UMKM, kami bekerja sama dengan Revolusi Lokal agar makin banyak merek lokal bisa berkembang," tutur Izki.

Baca juga : Gandeng Asosiasi UMKM dan Undang Chef, ITDC Gelar Program Kelas Memasak

Plugo ialah platform manajemen toko online all in one yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis yang ingin berkembang secara online dan offline.

Salah satu langkah Plugo untuk lebih dekat dengan UMKM adalah dengan membangun komunitas bertajuk Seller Juara. Kerja sama dengan Revolusi Lokal ini merupakan salah satu programnya.

Melalui kerja sama dengan komunitas-komunitas, Plugo berharap dapat semakin mengerti kebutuhan UMKM lokal dan mewujudkan pemberdayaan UMKM lokal yang lebih maksimal.

Baca juga : Tingkatkan Jumlah Wirausahawan, SnackVideo dan UMKM Berkolaborasi

Revolusi Lokal yang kini diketuai oleh Alvin Sugianto merupakan sebuah inisiatif yang mendukung kemajuan UMKM lokal untuk dapat bersaing di pasar domestik dan internasional.

Sementara itu, Raymond Chin selaku inisiator menjelaskan implementasi Revolusi Lokal dalam membantu UMKM meliputi Gerakan Kesadaran Digital, Pendanaan Digital dan Pembinaan Kewirausahaan, Standarisasi Produk Lokal UMKM di E-Commerce, dan Menjadi Kolaborator Pelaku Lokal dengan Pemerintah.

"Digitalisasi UMKM jadi salah satu implementasi utama dari Revolusi Lokal. Plugo juga mengakui pentingnya digitalisasi bagi UMKM. Dengan memanfaatkan kekuatan platform dan teknologi digital, bisnis lokal dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan, efisiensi, dan keberlanjutan," terang Raymond.

Baca juga : KoinWorks Luncurkan KoinPreneur, Wadah Diskusi dan Pelatihan UMKM

Senior Marketing Manager Plugo Indonesia Furqanda Labarza mengatakan Plugo akan turut mendukung implementasi tersebut melalui serangkaian acara komunitas berkelanjutan yang terbuka bagi semua bisnis lokal di seluruh Indonesia. 

"Acara-acara ini berfungsi sebagai platform untuk berbagi pengetahuan, jaringan, dan pemberdayaan potensi, yang bisa menjadi sumber daya berharga bagi UMKM untuk berkembang di pasar yang dinamis saat ini,” ucap dia.

Dengan adanya kerja sama ini, Plugo dan Revolusi Lokal berharap merek lokal tidak hanya dapat bersaing, tetapi juga unggul dalam menghadapi persaingan nonlokal.

"Kami yakin dengan kekuatan inheren dan potensi UMKM Indonesia, serta kolaborasi strategis ini bisa memperkuat posisi mereka di pasar," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat