visitaaponce.com

Pakar Serangan Siber Banyak Incar Gamer Muda

Pakar: Serangan Siber Banyak Incar Gamer Muda
Beberapa jenis serangan siber pada gamer anak muda.(Dok. Kaspersky)

Pakar dari perusahaan keamanan siber, Kaspersky mengungkap penjahat dunia maya meluncurkan lebih dari 7 juta serangan terhadap para penggemar game atau gamer muda dan anak-anak. Mereka melakukan serangan pada kelompok tersebut dengan mengeksploitasi judul game populer pada tahun 2022.

Hal itu terungkap dalam laporan terbaru Kaspersky berjudul “The Dark Side Of Kids Virtual Gaming Worlds”. Dalam laporan itu disebutkan risiko bagi pemain muda dalam game online, dan fokus serangan pada kelompok usia ini meningkat sebesar 57 persen dibandingkan tahun 2021 yang berjumlah 4,5 juta serangan.

Halaman phishing yang digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menargetkan pemain muda sebagian besar meniru judul global termasuk game Roblox, Minecraft, Fortnite, dan Apex Legends. Untuk menjangkau perangkat orang tua, para penjahat dunia maya dengan sengaja membuat situs game palsu yang membangkitkan minat anak-anak untuk mengikuti halaman phishing dan mengunduh file berbahaya.

Pada tahun 2022, sebanyak 232.735 pemain menemukan hampir 40.000 file, termasuk malware dan aplikasi yang berpotensi berbahaya. File-file tersebut umumnya disamarkan sebagai permainan anak-anak paling populer.

Pada periode yang sama, hampir 40 ribu pengguna mencoba mengunduh file berbahaya, yang meniru Roblox, platform permainan anak-anak populer. Hal ini menghasilkan peningkatan jumlah korban sebesar 14 persen, dibandingkan dengan 33 ribu gamer yang diserang pada tahun 2021.

Untuk Indonesia khususnya, pengguna yang terkena dampak mencapai 1.279 dengan sebanyak 11.294 kasus infeksi terdeteksi selama tahun 2022 lalu. Karena setengah dari 60 juta pengguna Roblox berusia di bawah 13 tahun, mayoritas korban serangan penjahat dunia maya ini berpotensi adalah anak-anak yang kurang pengetahuan keamanan siber.

 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat