visitaaponce.com

Meta, Google Tolak Keras Kanada Tetapkan Undang-Undang Baru

Meta, Google Tolak Keras Kanada Tetapkan Undang-Undang Baru
Logo Meta.(AFP/Lionel Bonaventure.)

OTTAWA pada Jumat (1/9/2023) menjelaskan cara undang-undang baru yang mewajibkan raksasa digital membayar penerbit untuk konten berita akan diterapkan dalam praktiknya. Ini termasuk besaran biaya yang harus dikeluarkan Meta dan Google.

RUU ini bertujuan mendukung sektor usaha berita Kanada yang mengalami kesulitan karena banyaknya dana periklanan yang terbang dan ratusan publikasi yang ditutup dalam satu dekade terakhir. Secara efektif, aturan ini hanya menargetkan Google dan Meta yang menguasai sekitar 80% dari seluruh pendapatan iklan online di Kanada.

Pemerintah memperkirakan hal ini dapat menarik biaya kedua perusahaan sebesar Can$230 juta (US$170 juta) dengan mengharuskan mereka membuat kesepakatan komersial yang adil dengan perusahaan Kanada atas berita dan informasi yang dibagikan di platform mereka atau menghadapi arbitrase yang mengikat.

Baca juga: Pemerintah Kanada Setop Iklan di Facebook dan Instagram, Kenapa?

Menurut rancangan peraturan yang diterbitkan pada Jumat, langkah-langkah tersebut akan berlaku bagi perusahaan-perusahaan dengan pendapatan tahunan global lebih dari Can$1 miliar, mengoperasikan mesin pencari atau platform media sosial yang secara aktif digunakan oleh setidaknya 20 juta warga Kanada dan mendistribusikan berita.

Meta bereaksi dengan menyebut RUU itu cacat secara fundamental dan berjanji untuk terus memblokir akses ke artikel berita di platform Facebook dan Instagram di Kanada. Ini mulai dilakukan pada 1 Agustus.

Baca juga: Baidu Laporkan Lonjakan Pendapatan Kuartal II hingga 15%

Google, yang juga menyuarakan penolakan terhadap Undang-Undang Berita Online, mengatakan pihaknya akan mempelajari dengan cermat peraturan yang diusulkan. Ini untuk menilai peraturan tersebut dapat mengatasi tantangan struktural utama atau tidak.

Menteri Warisan Budaya Pascale St-Onge mencatat bahwa masyarakat Kanada kini mengandalkan platform digital untuk mendapatkan berita dan informasi. "Platform teknologi ini harus bertindak secara bertanggung jawab dan mendukung penyampaian berita yang bermanfaat bagi mereka dan masyarakat Kanada," katanya. "Raksasa teknologi dapat dan harus memberikan kontribusi yang adil, tidak lebih." (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat