visitaaponce.com

Meta Wacanakan Biaya Berlangganan agar Facebook dan Instagram di Eropa Bebas Iklan

Meta Wacanakan Biaya Berlangganan agar Facebook dan Instagram di Eropa Bebas Iklan 
Logo Meta.(AFP/ROBYN BECK)

META dikabarkan bakal menawarkan paket berlangganan untuk para pengguna Facebook dan Instagram di Eropa. Dengan demikian, para pengguna akan bebas iklan.

Mengutip AFP, uang yang harus dikeluarkan untuk berlangganan ialah 10 euro atau sekitar Rp163 ribu per bulan bagi mereka yang mengakses via komputer. Lalu 13 euro atau Rp212 ribu untuk pengguna Instagram di ponsel pintar.

Mark Zuckerberg melalui Meta telah mendulang keuntungan yang luar biasa melalui pengiklan berkat data pelanggan. Namun, peraturan-peraturan baru Uni Eropa soal data pengguna akan membuat Meta harus berpikir lebih keras untuk tetap mendapat profit.

Pada kuartal kedua tahun ini, Meta melaporkan pendapatan mencapai US$32 miliar atau sekitar Rp499 triliun dari iklan dan Rp112 triliun dari jumlah itu berasal dari Eropa.

Wacana berlangganan dipandang mengikuti rekomendasi Uni Eropa yang pada Juli lalu mengatakan bahwa pengguna produk Meta yang menolak untuk diketahui lokasinya harus ditawari alternatif bebas iklan dengan biaya yang pantas.

Facebook dan juga kompetitornya telah lama bisa diakses oleh para pengguna secara gratis. Namun, sebagai imbalannya, pengguna akan diketahui posisinya demi kepentingan penayangan iklan yang dipersonalisasi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat