visitaaponce.com

Pemerataan Fiber Optik, FiberStar Targetkan 2,9 Juta Homepass

Pemerataan Fiber Optik, FiberStar Targetkan 2,9 Juta Homepass
Yudo Satrio, Network Planning Department Head.(Dokpri.)

DEWASA ini kehidupan masyarakat Indonesia tidak luput dari perkembangan digital dan penggunaan internet guna mendukung aktivitas sehari-hari. Internet merupakan infrastruktur penting dalam transformasi digital. Tidak dapat dipungkiri fasilitas dan jaringan internet yang merata sangat penting untuk mengakses informasi. 

Kebutuhan internet yang andal dan berkecepatan tinggi harus ditopang dengan infrastruktur yang baik. Salah satu medianya ialah serat optik. FiberStar salah satu penyedia infrastruktur berbasis serat optik berkomitmen mendukung pertumbuhan pembangunan jaringan tersebut di Indonesia. FiberStar memiliki sejumlah kelebihan antara lain jaringan yang bersifat netral, high speed, stabil, keamanan tingkat tinggi, serta cakupan nasional yang strategis untuk perkotaan dan daerah.

Pencapaian homepass sampai dengan akhir tahun 2023 FiberStar mencapai 1,9 juta. Ini tersebar di 135 kota dan 17 provinsi dari pulau Sumatra, Jawa-Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, hingga Sulawesi Selatan. Menurut Network Development Division Head FiberStar Irawan Delfi, demi menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia, pihaknya berinisiatif melakukan penambahan 1 juta homepass pada 2024. Hingga akhir 2024 Fiberstar memiliki total homepass menjadi 2,8 juta. 

Baca juga: 5 Aplikasi Browsing Terbaik dan Tercepat untuk Android, Nomor 3 Bisa Hemat Kuota Internet

Untuk peningkatan keandalan jaringan serta modernisasi jaringan backbone, Irawan Delfi juga menyampaikan bahwa pada 2023 Fiberstar selesai melakukan modernisasi dan mengintegrasikan jaringan backbone Jawa-Bali, baik di darat maupun melalui kabel laut Jakarta-Surabaya dengan teknologi Ason dari Huawei. Dengan integrasi jaringan kabel darat dan kabel laut tersebut memungkinkan jaringan memulihkan diri secara pintar jika terjadi gangguan pada salah satu jalur kabel optik. Ini meningkatkan keandalan dari jaringan tersebut.  

Teknologi yang sama juga sudah diimplementasikan pada jaringan antardata center yang berada di Jabodetabek dengan kapasitas besar. Modernisasi dengan teknologi terkini dibutuhkan semata-mata demi kepuasan pelanggan. "Semoga dengan penambahan homepass dan modernisasi jaringan, FiberStar menjadi salah satu penyedia jaringan telekomunikasi terdepan dan selalu berkontribusi dalam percepatan pengembangan internet di Indonesia hingga tersebar secara merata dan memudahkan pengguna dalam mengakses informasi hingga ke pelosok negeri," pungkasnya. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat