visitaaponce.com

Instagram Kembangkan fitur Friend Map yang Bisa Lacak Lokasi Teman

Instagram Kembangkan fitur 'Friend Map' yang Bisa Lacak Lokasi Teman
Logo Instagram dan Meta(AFP)

INSTAGRAM dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru bernama "Friend Map". Fitur yang mirip dengan Snap Map di platform Snapchat ini akan memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi teman-teman mereka secara real time.

TechCrunch melaporkan juru bicara Instagram telah mengonfirmasi bahwa fitur Friend Map tengah dikembangkan. Namun, lnstagram mengatakan fitur Friend Map ini merupakan prototipe internal dan tidak diuji untuk publik.

TechCrunch menyebut fitur ini pertama kali ditemukan oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi yang sering menemukan fitur-fitur media sosial yang sedang dalam pengembangan menjelang peluncuran resminya.

Baca juga : Instagram Meluncurkan Fitur Flipside! Ini Dia Cara Mengaktifkannya

Menurut tangkapan layar yang diunggah oleh Paluzzi di Threads, Friend Map Instagram akan memungkinkan pengguna untuk memilih siapa yang dapat melihat lokasi mereka. Tangkapan layar tersebut juga menunjukkan bahwa data lokasi akan dienkripsi. Anda dapat memilih untuk membagikan lokasi Anda dengan pengikut yang mengikuti Anda kembali atau daftar "Close Friend" atau teman dekat. Friend Map juga akan menampilkan pengaturan "Ghost Mode" yang akan menyembunyikan lokasi aktif terakhir Anda.

Friend Map juga memungkinkan pengguna untuk meninggalkan pesan singkat di peta untuk dilihat orang lain. Instagram Notes saat ini merupakan pesan singkat yang muncul di bagian atas feed pesan langsung Anda, tetapi jika Friend Map diluncurkan, pengguna akan memiliki opsi untuk memposting pembaruan singkat ini di peta mereka. Fungsi Notes di peta dapat digunakan untuk memberi tahu teman Anda tentang toko atau restoran baru yang anda senang untuk kunjungi.

Instagram juga akan hadir untuk Apple dan fitur peta "Find My" yang memungkinkan pengguna melihat di mana teman dan keluarga mereka berada. Dengan fitur baru ini, Instagram akan mendorong penggunanya untuk menghabiskan waktu lebih banyak di aplikasinya dibanding layanan platform lain.

Baca juga : Vaia Menghadirkan Kenyamanan dan Keindahan Lewat Sepatu Eksklusif di Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

Diketahui, Instagram memang serius meningkatkan penawaran peta dalam aplikasinya. Pada akhir 2022, Instagram memperkenalkan pengalaman peta yang dapat dicari yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi lokasi populer yang ditandai di sekitar mereka dan memfilter hasil lokasi berdasarkan kategori tertentu termasuk restoran, kafe, dan salon kecantikan.

Peluncuran peta ini dilakukan seminggu setelah Wakil Presiden Senior Google Prabhakar Raghavan menyatakan bahwa pengguna muda beralih ke aplikasi seperti Instagram dan TikTok dibanding menggunakan Google Penelusuran atau Maps untuk mencari tempat baru. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat