visitaaponce.com

Waw Kini Pengguna Whatsapp Tidak Bisa Lagi Screenshot Foto Profil Orang Lain

Waw! Kini Pengguna Whatsapp Tidak Bisa Lagi Screenshot Foto Profil Orang Lain
Fitur privasi baru whatsapp(Ilustrasi)

WHATSAPP telah mengambil langkah penting untuk menjaga privasi penggunanya, yakni memberikan fitur privasi baru yang telah diuji coba pada WhatsApp versi beta sejak Februari 2024 kemarin. Fitur privasi baru ini memberikan pengguna WhatsApp untuk tidak bisa lagi mengambil tangkap layar atau screenshot profil orang lain. 

Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin saja bisa menggunakan foto profil orang lain untuk tujuan jahat, misalnya seperti peniruan identitas atau bahkan pelecehan. 

Dengan memblokir fungsi tangkap layar ini, WhatsApp mencegah pembagian foto profil secara sembarangan sehingga memperkuat konsep privasi dan persetujuan pengguna.

Baca juga : Tips Menjaga Rahasia, 2 Cara Mudah Membuat Blur Chat WhatsApp Web

Saat ini, fitur privasi baru sudah tersedia untuk semua pengguna. Pengguna WhatsApp bisa mencoba untuk meng-sreenshot profil orang lain. Jika sudah di coba maka pada antarmuka WhatsApp akan terdapat keterangan yang bertulisan "tidak dapat mengambil tangkapan layar karena kebijakan keamanan."

Namun, fitur privasi ini hanya berlaku ketika pengguna membuka foto profil orang lain secara keseluruhan atau penuh. Ketika pengguna menekan foto profil seseorang dari daftar chat atau obrolan grup, foto yang muncul sebagian masih bisa discreenshot.

Sementara itu, selama fitur ini diluncurkan belum ada info lebih detail lagi mengenai fitur privasi baru ini. Apakah fitur ini opsional atau tidak. Sehingga belum ada cara untuk menonaktifkannya jika pengguna tetap mengizinkan orang lain untuk mengambil screenshot foto profil mereka.

Fitur ini merupakan langkah maju dalam menyediakan aplikasi perpesanan yang lebih aman dan kemungkinan akan semakin banyak pengguna yang akan melihat fitur ini di perangkat mereka dalam beberapa minggu yang akan datang. 

Perlu diingat, meskipun adanya pembatasan tangkap layar ini dapat meningkatkan privasi, tetapi tetap masih ada keterbatasan. Pengguna WhatsApp bisa saja mencari alternatif lain, misalnya seperti menggunakan kamera lain untuk memotret layar atau foto profil orang lain, atau bahkan menekan sebagian profil lalu meng-screenshotnya dan kemudian di crop yang kemungkinan bisa saja melewati pembatasan ini. Jadi, sebaiknya lebih bijaklah dalam menggunakan atau mengunggah apapun di WhatsApp. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat