visitaaponce.com

Kenali Faktor yang dapat Memicu Kanker Payudara

 Kenali Faktor yang dapat Memicu Kanker Payudara
Mengonsumsi Minuman beralkohol berpotensi terkena kanker payudara(unsplash.com/Kelsey Chance)

Belum lama ini, aktris Marshanda mengaku mengidap tumor payudara. Lewat unggahan video di kanal YouTube pribadinya Marshed, Senin (30/5), ia mengungkapkan sedang mengidap tumor payudara. Ia bahkan harus menjalani pengobatan di Singapura.

Melansir dari situs National Breast Cancer Foundation, tumor adalah massa jaringan abnormal yang digolongkan menjadi non-kanker atau jinak dan yang bersifat ganas atau kanker.

Meskipun tumor jinak umumnya tidak agresif terhadap jaringan di sekitarnya, kadang-kadang mereka dapat terus tumbuh, menekan jaringan lain, dan menyebabkan rasa sakit atau masalah lain.

Melansir dari situs resmi American Cancer Society, tumor payudara non-kanker adalah pertumbuhan abnormal, tetapi tidak menyebar ke luar payudara.  Ini tidak mengancam jiwa, tetapi beberapa jenis benjolan payudara jinak dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara.  

Sementara itu, tumor ganas bersifat kanker dan mungkin agresif karena menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Jenis tumor  ini juga dikenal dengan nama kanker. Setiap benjolan atau perubahan payudara perlu diperiksa oleh profesional perawatan kesehatan untuk mengetahui apakah itu jinak atau ganas (kanker) dan apakah itu dapat memengaruhi risiko kanker Anda di masa depan.

Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali. Kanker payudara terjadi hampir seluruhnya pada wanita, tetapi pria juga bisa terkena kanker payudara. Sebagian besar benjolan payudara bersifat jinak dan bukan kanker (ganas).  

Kanker disebabkan oleh berbagai faktor risiko. Faktor risiko adalah segala sesuatu yang meningkatkan peluang Anda terkena penyakit, seperti kanker payudara.  Namun memiliki faktor risiko, atau bahkan banyak, bukan berarti Anda pasti akan terkena penyakit tersebut.

Faktor risiko kanker payudara tertentu terkait dengan perilaku pribadi, seperti diet dan aktivitas fisik.  Faktor risiko terkait gaya hidup lainnya termasuk keputusan tentang memiliki anak dan minum obat yang mengandung hormon. Berikut beberapa faktor risiko terkait perilaku dan gaya hidup yang dapat memicu kanker payudara, seperti dikutip dari situs resmi American Cancer Society.

1. Konsumsi alkohol


Minum alkohol jelas terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara.  Risiko meningkat dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi.  Wanita yang mengonsumsi 1 minuman beralkohol sehari memiliki peningkatan risiko sekitar 7% sampai 10% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum, sementara wanita yang minum 2 sampai 3 gelas sehari memiliki risiko sekitar 20% lebih tinggi.  

Alkohol juga dikaitkan dengan peningkatan risiko jenis kanker lain. Yang terbaik adalah tidak minum alkohol. 

2. Kelebihan berat badan atau obesitas


Kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause meningkatkan risiko kanker payudara. Sebelum menopause, ovarium seorang wanita membuat sebagian besar estrogennya, dan jaringan lemak hanya menghasilkan sebagian kecil dari jumlah total.  Setelah menopause (ketika ovarium berhenti membuat estrogen), sebagian besar estrogen berasal dari jaringan lemak.  

Memiliki lebih banyak jaringan lemak setelah menopause dapat meningkatkan kadar estrogen dan meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara. Wanita yang kelebihan berat badan juga cenderung memiliki kadar insulin darah yang lebih tinggi.  Tingkat insulin yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara.

American Cancer Society merekomendasikan Anda untuk menjaga berat badan yang sehat sepanjang hidup dan menghindari penambahan berat badan berlebih dengan menyeimbangkan asupan makanan dan minuman dengan aktivitas fisik.

3. Tidak aktif secara fisik


Aktivitas fisik secara teratur mengurangi risiko kanker payudara, terutama pada wanita yang sudah menopause. Pertanyaan utamanya adalah seberapa banyak aktivitas yang dibutuhkan?  Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bahkan hanya beberapa jam seminggu mungkin bisa membantu, meskipun lebih banyak tampaknya lebih baik.

American Cancer Society merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan 150 hingga 300 menit intensitas sedang atau 75 hingga 150 menit aktivitas intensitas kuat setiap minggu (atau kombinasi dari keduanya).  Mencapai atau melewati batas atas 300 menit sangat ideal.

4. Tidak memiliki anak


Wanita yang belum memiliki anak atau yang memiliki anak pertama setelah usia 30 tahun memiliki risiko kanker payudara yang sedikit lebih tinggi secara keseluruhan.  Memiliki kehamilan di usia muda mengurangi risiko kanker payudara.

Namun, efek kehamilan pada risiko kanker payudara sangat kompleks.  Misalnya, risiko kanker payudara lebih tinggi selama sekitar dekade pertama setelah memiliki anak.  Risiko kemudian menjadi lebih rendah dari waktu ke waktu.

5. Tidak menyusui


Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat sedikit menurunkan risiko kanker payudara, terutama jika berlanjut selama satu tahun atau lebih.  

Penjelasan yang mungkin untuk efek ini adalah bahwa menyusui mengurangi jumlah total siklus menstruasi seumur hidup seorang wanita (sama dengan memulai periode menstruasi pada usia yang lebih tua atau melalui menopause dini).

6. Kontrol kelahiran


Beberapa metode pengendalian kelahiran menggunakan hormon, yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

- Kontrasepsi oral: Sebagian besar penelitian menemukan bahwa wanita yang menggunakan kontrasepsi oral (pil KB) memiliki risiko kanker payudara yang sedikit lebih tinggi daripada wanita yang tidak pernah menggunakannya.  Setelah pil dihentikan, risiko ini tampaknya kembali normal dalam waktu sekitar 10 tahun.

- Suntikan KB: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan suntikan progesteron jangka panjang (seperti Depo-Provera) setiap 3 bulan untuk pengendalian kelahiran dapat meningkatkan risiko kanker payudara, tetapi tidak semua penelitian menemukan hal ini.

- Implan kontrasepsi, alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), cincin vagina
Bentuk-bentuk pengendalian kelahiran ini juga menggunakan hormon, yang secara teori dapat memicu pertumbuhan kanker payudara.  

Setelah mengenali faktor risikonya, kita juga perlu mengetahui beberapa tanda awal kanker payudara, berikut di antaranya.

- Nyeri di setiap area payudara.
- Benjolan baru di payudara atau ketiak.
- Penebalan atau pembengkakan pada bagian payudara.
- Iritasi pada kulit payudara.
- Kemerahan atau kulit terkelupas di area puting atau payudara.
- Rasa sakit di area puting.
- Keluarnya cairan dari puting selain ASI, termasuk darah.
- Setiap perubahan ukuran atau bentuk payudara.

Perlu diingat bahwa gejala ini dapat terjadi dengan kondisi lain yang bukan kanker. Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang mengkhawatirkan, pastikan untuk segera menemui dokter Anda.(M-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat