visitaaponce.com

Wira Dharma, Sang Pasukan Peraih Juara

Berkolaborasi dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, pada tahun ini, Media Indonesia menghelat pelatihan jurnalistik Reporter Muda selama 15-16 Agustus 2022. Pelatihan diikuti 72 siswa sekolah menengah atas dan setingkat di lingkungan Muhammadiyah. Berikut ini salah satu dari 15 karya terpuji yang ditayangkan di www.mediaindonesia.com selama 26 September hingga 30 September 2022.

 

HAI, Sobat Muda, 77 tahun sudah Indonesia merdeka. Pada peringatan HUT RI tahun ini, seakan ada bahasa isyarat semua rakyat Indonesia sudah 'merdeka' dari wabah covid-19 yang merebak sejak 2020 di Tanah Air.  Kesemarakan suarana peringatan HUT RI sudah terasa sejak awal bulan Agustus di tengah masyarakat Indonesia, termasuk di lingkungan Pemerintah Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung.

Untuk memeriahkan peringatan HUT RI, sudah menjadi turun temurun diadakan berbagai kegiatan ataupun perlombaan. Nah, dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI tahun ini, Kecamatan Tumijajar menggelar berbagai perlombaan, antara lain ada pertandingan sepak bola, lomba lari maraton, lomba gerakan senam Lampung berjaya, keterampilan pasukan baris berbaris, dan lain sebagainya.  Untuk itu, pihak kecamatan mengundang berbagai sekolah sebagai peserta.

SMK Muhammadiyah Tumijajar, atau sering disebut SMK TO ME, turut mendapat kesempatan untuk meraih prestasi di berbagai ajang perlombaan di atas. Salah satu lomba yang diikuti oleh SMK Muhammadiyah Tumijajar adalah ketrampilan pasukan baris berbaris yang diadakan pada Senin (15/8), di Lapangan Makarti, Kecamatan Tumijajar.

Baris-berbaris merupakan bentuk kedisiplinan dan juga merupakan latihan-latihan gerak dasar yang diwujudkan dalam rangka menanamkan nilai-nilai sikap yakni disiplin pribadi maupun disiplin kelompok. Kegiatan ini juga menempa rasa tanggungjawab, kesatuan dan persatuan, serta kekompakan. Nah, banyak sekolah memiliki pasukan baris-berbaris (PBB) ini yang biasanya dikemas dalam ekstrakulikuler.  Di SMK Muhammadiyah Tumijajar, Wira Dharma adalah pasukan baris-berbaris kebanggaan sekolah karena banyak prestasi yang telah diraihnya. Tahun ini, Wira Dharma pun diutus untuk mengikuti perlombaan PBB yang diselenggarakan pihak kecamatan.

"Adanya undangan tersebut bisa kita jadikan kesempatan untuk memeriahkan kemerdekaan tahun ini dengan meraih prestasi. Saya yakin SMK kita bisa!" Ujar Wakasis SMK Muhammadiyah Tumijajar.

Pasukan baris-berbaris binaan Bapak Agus Suryono S.Pd ini dibagi menjadi 2 peleton.Peleton 1 memiliki 22 anggota dan diketuai oleh Ananda Ahmad Fajar Septiyan. Peleton 2 memiliki 23 anggota dan diketuai Ananda Aldo Tri Mulya. Selama berlatih, teman teman Wira Dharma diawasi dan ditemani 2 Purna, yakni Kakanda Ahmad Ghozali dan Ayunda Alfina Asih Rofifah, "Saya senang bisa bertemu adik-adik penerus PBB SMK TO ME, suka sekali dengan semangat dan tekad mereka untuk bisa menjadi juara," ujar Ayunda Alfina.

Hentakan kaki, sorakan yel-yel dari pasukan itu selama berlatih selalu didengar masyarakat sekitar. Semangat mereka yang sangat sangat tinggi merupakan suatu kebanggaan bagi Pembina Wira Dharma. Demi menampilkan yang terbaik untuk pihak sekolah, pasukan Wira Dharma tidak henti berlatih dari pagi hingga sore, selama lima hari.

Pada Senin, 15 Agustus 2022, 2 Pasukan Pleton Wira Dharma turun dan berjuang mengikuti perlombaan. Banyaknya lawan dari setiap SMP/SMA/MA/SMK yang ada di Tumijajar tak menurunkan semangat mereka untuk memenangkan perlombaan tersebut, menempuh jarak yang cukup jauh, harus melewati beberapa pos untuk menampilkan sorakan yel-yel, semangat mereka terdengar di sepanjang rute.

Dua juara

Alhamdulillah, dengan pengorbanan mereka, setelah dua hari menunggu, pada Rabu, 17 Agustus, diumumkan bahwa Wira Dharma berhasil memperoleh dua predikat juara. Juara 1 dimenangkan oleh Peleton 1, sementara Peleton 2 menjadi Juara 2 Keterampilan Pasukan Baris Berbaris Tingkat Kecamatan.

"Pada saat latihan, yang dirasakan saat itu adalah rasa capek, lelah, letih,lesu mulai dari tekanan fisik, mental, ataupun tekanan dari guru-guru yang memberikan tugas dalam mata pelajaran tertentu. Namun, di balik rasa sakit, ada juga rasa bahagia, yakni memiliki teman yang solidnya tinggi, dapat mengetahui ilmu yang mungkin belum pernah diajarkan dan tidak akan pernah diajarkan di kelas, menumbuhkan jiwa korsa yang paling dirasakan, dan finally atas perjuangan dan pengorbanan tersebut, kami dapat memenangkan lomba PBB tingkat kecamatan dengan maksimal dan melampaui ekspektasi," tutur Syavero Reyhan, salah satu anggota Peleton 1.

Rasa bangga pun diungkapkan Kakanda Ahmad Ghozali yang sudah menemani mereka selama berlatih. "Saya salut sama mereka dengan waktu latihan yang sangat singkat dan mepet, mereka bisa menunjukan yang terbaik, mampu membawa juara  dan akhirnya menjadi tim terbaik yang dimiliki SMK Muhammadiyah Tumijajar. Semoga bisa dipertahankan gelar juaranya, ilmu yang sudah didapat selama ini diajarkan pada adik tingkatnya, dan saya harap terus semangat belajar kompak, jangan sampai runtuh kekompakannya sampai purna dari SMK Muhammadiyah Tumijajar," kata dia.

Selain perlombaan tersebut, ada pula prestasi lain yang ditorehkan personel Wira Dharma tahun ini. Ananda Ayun Saputra, salah satu anggota Wira Dharma, lolos menjadi pasukan pengibar bendera (paskibraka) di tingkat kabupaten untuk upacara peringatan HUT ke-77 RI. Ananda menjadi anggota paskibraka 2022, posisi Pasukan 17 Sayap Kiri, di Kabupaten Tulang Bawang Barat. 

“Dengan keberanian dan tekad kuat, saya siap menjadi perwakilan SMK Muhammadiyah Tumijajar untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di tingkat Kabupaten, Alhamdulillah saya lolos dalam seleksi capaska di Maret lalu. Selama masa latihan sebelum pengibaran adalah masa masa menyenangkan, sebab saya bisa bertemu dan memiliki teman dari sekolah-sekolah di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini," terang Ayun yang kini resmi menjadi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tahun 2022 Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dengan sederet prestasi tersebut, Kepala SMK Muhammadiyah Tumijajar, Bapak Syamsul Hidayat S.Pdi mengaku sangat bangga dan sangat mengapresiasi teman-teman Wira Dharma. Ia berharap, prestasi tersebut dapat berlanjut di masa mendatang. "Emang anak anak TO ME ini sangat berprestasi, saya bangga dengan pasukan ini sebab dengan semangat mereka mampu mengharumkan nama SMK Muhammadiyah Tumijajar," pungkasnya. (M-2)

 

OPINI  MUDA

Ahmad Ikhsanudin - Ketua Ekstrakurikuler PBB SMK Muhammadiyah Tumijajar

Saya berharap untuk Wira Dharma ya semakin semangat, selalu aktif dan siap dalam segala hal. Contohnya siap sudah menjadi pemimpin entah itu di dalam lokasi sekolah ataupun di masyarakat luar. Dan tentunya bisa menjadikan pribadi yang mandiri dan tepat waktu.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat